Mind

Seimbangkan Diri dengan Mind, Body & Soul Workshop

By  | 
Sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Sociological Review mengungkapkan bahwa para mama menghabiskan waktu lebih dari 10 jam setiap hari untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus (multitasking) guna mengurus rumah dan pekerjaan. Menanggapi studi tersebut, para peneliti & psikolog mengingatkan pentingnya menjaga keseimbangan pikiran untuk menghindari efek stres yang berlebihan. Meditasi, olahraga dan relaksasi dikatakan dapat menjadi pilihan aktivitas yang dapat membantu menyegarkan pikiran dan membuat para mama ‘tetap waras’.

Aila Nordin (tengah) bersama para fasilitator

Aila Nordin (tengah) bersama para fasilitator

Menyadari permasalahan ini, Niat Living, sebuah workshop yang berkonsentrasi pada konsep mindful living menggelar workshop pertamanya di Jakarta pada hari Sabtu dan Minggu, 22/23 Oktober 2016 lalu di bilangan Jakarta Selatan bersama para praktisi nutrisi untuk mengajarkan konsep meditasi, body awareness, serta mindful eating. Aila Nordin, founder Niat Living mengungkapkan pentingnya upaya mengenali dan menemukan 3 aspect of our life, diantaranya mindset, spiritually & mindful eating (mind, body & soul) untuk mewujudkan keseimbangan hidup. “Dengan menyadari setiap keputusan yang akan diambil, akan membantu mewujudkan tujuan hidup yang kita mau, yaitu mencapai kebahagiaan. Oleh karena itu, melatih kejernihan pikiran melalui serangkaian latihan meditasi menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan,” ujarnya.

Sesi meditasi bersama

Sesi meditasi bersama

Melalui workshop ini, mamas diajarkan untuk mengetahui inti dari teknik meditasi yaitu rileks & ketenangan diri. “Latih pikiran untuk tidak selalu terburu – buru dalam melakukan berbagai hal. Kami mengerti ada begitu banyak kesibukan yang harus dilakukan oleh para mama sejak mereka bangun tidur, seperti mempersiapkan anak – anak untuk pergi ke sekolah dan berbagai hal lainnya. Tapi ada hal yang lebih penting untuk dilakukan yaitu menutrisi pikiran, sediakan waktu minimal 5 menit setelah bangun tidur, ingatkan diri Anda bahwa hari ini akan menjadi hari yang sibuk tapi Anda akan bisa melaluinya,” tambah Aila.

Selain meditasi, dalam sesi nutrition workshop juga dijelaskan bahwa makanan yang sehat akan turut memengaruhi konsep pemikiran seseorang. Semakin sering kita melatih seluruh anggota keluarga untuk mengonsumsi makanan sehat sejak usia dini, maka kesadaran akan pentingnya menjaga dan merawat tubuh akan semakin terbina. “Tantangan para mama untuk hidup di kota besar yang super sibuk ini sangatlah banyak, maka luangkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Kita semua memerlukan energi dan pikiran yang fresh untuk melakukan berbagai tantangan,” tutup Aila. Kami setuju, bagaimana dengan Anda, Mams? (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Smart Mama)

Shares