Health

Q&A: Meredakan Sakit Kepala Saat Hamil

By  | 

Q: Kehamilan saya saat ini merupakan kehamilan pertama saya. Saya sangat beruntung karena tidak mengalami morning sickness. Kendati begitu, saya cukup sering mengalami sakit kepala. Apakah ini berbahaya bagi janin di dalam kandungan saya? Dan adakah cara aman yang bisa saya lakukan agar sakit kepala ini segera hilang? Mohon informasinya, mengingat ini adalah pengalaman pertama saya.

Erika, 26 tahun, hamil 11 minggu.

A: Tak hanya Anda saja yang mengalaminya, Mams Erika. Diketahui, banyak para calon mama yang juga mengalami sakit kepala saat hamil, baik hanya sesekali hingga seringkali.

Sakit kepala ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh Anda. Kondisi ini dapat memburuk di beberapa minggu pertama kehamilan, namun biasanya akan mereda, atau bahkan berhenti di usia kehamilan 17 minggu.

Tak perlu khawatir mams, karena kondisi ini, walau menimbulkan rasa tidak nyaman bagi Anda, namun tidak membahayakan janin.

Untuk meredakannya, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Cukup istirahat. Calon mama butuh istirahat lebih banyak dibandingkan saat sebelum hamil. Jadi, pastikan Anda tak terlalu lelah dalam beraktivitas. Dan ketika Anda mulai merasa lelah, segeralah beristirahat ya, Mamas to be.

  • Konsumsi makanan sehat. Saat hamil, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga asupan. Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda.
  • Prenatal yoga. Seperti kita ketahui, selain menyehatkan secara fisik, yoga juga membuat pikiran jadi lebih relaks. Konsultasikan pada dokter kandungan Anda, apakah cukup aman aman bagi Anda untuk melakukan prenatal yoga.
  • Konsumsi parasetamol. Jika sakit kepala sudah mulai mengganggu, Anda diperbolehkan kok Mams, untuk mengonsumsi obat parasetamol guna membantu meredakannya. Namun, pastikan dosisnya sesuai bagi Anda yang sedang hamil. Konsultasikan hal ini pada dokter kandungan Anda.
  • Konsultasi ke dokter kandungan. Kemungkinan Anda mengalami pre-eklamsia juga bisa terjadi, Mams. Kondisi ini biasanya terjadi ketika Anda merasakan sakit kepala di bagian depan dan tak juga mereda oleh parasetamol. Bila Anda mengalami kondisi ini, segera konsultasikan ke dokter kandungan.(Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares