Pleasure

Tip Ajak Si Kecil Adventure Holiday

By  | 

Mamas, jika Anda sudah sering mengajak Si Kecil liburan ke kota-kota besar dengan fasilitas lengkap dan modern. Kini saat Anda mengajak Si Kecil untuk melihat keindahan alam yang nyata di area yang eksotis. Dan ternyata, kini banyak lho pasangan muda yang mengajak anak-anaknya berlibur ke area yang lebih menantang dan natural, misalnya ke Pulau Komodo, ke kaki gunung Everest, hingga Tibet dan Maroko. Pasti seru ya, Mams, dan tidak hanya itu, Si Kecil juga mendapatkan berbagai pengetahuan seputar budaya, serta lebih menghargai alam semesta juga menghormati perbedaan. Namun,  sebelum dan saat Anda memutuskan untuk membawa Si Kecil untuk bertualang, perhatikan tip Smart Mama berikut ya.

  • Research. Sudah pasti Anda melakukan hal yang satu ini sebelum memutuskan untuk berkunjung kesana ya, Mams. Namun research yang dimaksud oleh Smart Mama bukan sekadar tiket, akomodasi, cuaca, maupun tempat-tempat yang dikunjungi. Anda harus menggali lebih detail seperti kebiasaan atau budaya setempat, aturan tak tertulis, juga hari besar mereka. Pasalnya, beberapa area akan menutup area publik di hari besar tertentu.
  • Vaksin. Yang satu ini wajib dilakukan dan pada umumnya informasi vaksin yang harus Anda dan keluarga lakukan sudah disosialisasikan di berbagai media. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi pada dokter seputar kemungkinan adanya vitamin atau makanan yang wajib dikonsumsi Si Kecil guna meningkatkan daya tahan tubuh.

The girl and stuff in the open trunk

  • Pastikan perjalanan terorganisir dengan baik. Setelah melakukan research, sebaiknya Anda menyusun rencana yang sangat terorganisir sehingga liburan terasa nyaman. Tak hanya kunjungan wisata, ada baiknya Anda mengatur perjalanan hingga tempat makan dan belanja. Yang juga tak kalah penting adalah packing yang baik dan maksimal. Hindari membawa barang terlalu banyak, secukupnya saja ditambah dengan satu stel pakaian cadangan.
  • Biarkan Si Kecil mencoba berbagai makanan lokal. Tentu saja Anda harus tahu kandungannya terlebih dahulu ya, Mams. Namun mengajarkan ia untuk mengonsumsi makanan setempat akan membuat cita rasa Si Kecil lebih variatif. Menggemari aneka makanan dari belahan dunia lain juga melatihnya untuk beradaptasi lho.
  • Biarkan ia dekat dengan alam. Selama keamanan terjamin, biarkan Si Kecil mengeksplorasi area berlibur serta melakukan hal-hal yang ia sukai. Seandainya Anda berlibur ke daerah pegunungan, ajak ia hiking atau bersepeda. Jika Anda pergi ke daerah laut, pastikan ia mencoba berbagai aktivitas pantai yang seru. Bagi Anda yang mengajak Si Kecil ke wilayah pedesaan, ajak ia mempelajari budaya setempat sambil belajar mengabadikan momen liburan dengan kamera.
  • No gadget. Meskipun tidak 100% gadget free, karena bisa jadi Anda membutuhkannya saat transit di bandara. Namun di tempat tujuan ada baiknya Anda dan keluarga menyimpan gadget dan menikmati keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Tingkatkan bonding time bersama keluarga dengan aktivitas juga game natural.

Nantikan kisah liburan seru para smart mama di website kami ya… (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares