Parenting

Kenali Pola Asuh Berdasarkan Zodiak Anak

By  | 
Kendati tidak pernah ada panduan dalam menjalani peran sebagai seorang mama, tapi ada beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam menerapkan pola asuh kepada Si Kecil. Salah satunya berdasarkan zodiak mereka. Yuk cari tahu karakter dan cara terbaik menghadapi mereka, Mams!

Star-Signs

Karakter: Anak – anak yang lahir dalam naungan bintang ini memiliki tingkat kreativitas cukup tinggi. Selain itu, umumnya mereka memiliki kepribadian yang lebih dewasa dibanding teman sebayanya.
Pola asuh yang sesuai: Bangun komunikasi dalam bentuk sharing dan lakukan pendekatan alami sebagai seorang teman. Anak – anak Capricorn mudah dalam memahami penjelasan. Dalam hal pengembangan diri, Mamas dapat mulai memperkenalkan berbagai aktivitas menarik, mulai dari menari, bernyanyi atau menggambar.

Karakter: Umumnya memiliki banyak ide namun terlihat lebih introvert. Dibalik sikap diamnya, Ia memiliki banyak hal untuk disampaikan pada lingkungan sekitar.
Pola asuh yang sesuai: Pola komunikasi heart to heart lebih cocok ditekankan kepada Si Kecil yang berada dalam naungan zodiak ini. Dengan begitu mereka akan merasa diperhatikan dan semakin percaya diri untuk berekspresi dan mengungkapkan sesuatu.

Karakter: Sekalipun anak – anak Pisces seringkali menjadi pusat perhatian dari lingkungan di sekitar karena kemampuan bersosialisasinya yang cukup memadai, mereka tetap menyukai kesendirian.
Pola asuh yang sesuai: Pupuk selalu kepercayaan dirinya melalui cara – cara sederhana, seperti memberinya pujian dan pelukan hangat setelah melakukan sesuatu. Hal ini akan memupuk keberanian mereka saat menghadapi orang lain.

4.Taurus (20 April – 20- Mei)

Karakter: Seperti Aries, anak – anak Taurus juga cenderung keras kepala. Namun ia adalah tipe yang senang dimanja dan diperhatikan.
Pola asuh yang sesuai: Mendampinginya untuk melakukan berbagai kegiatan positif yang berhubungan dengan alam adalah hal yang ia suka, sekaligus dapat mengajarkan nilai – nilai kesabaran pada mereka. Menawarkan binatang peliharaan adalah salah satu contoh konkret mereka untuk belajar tentang kasih sayang dan kelembutan.

Karakter: Terkesan hiperaktif dan keras kepala. Namun dibalik hal tersebut, anak – anak Aries memiliki sifat yang baik hati.
Pola asuh yang sesuai: Sebenarnya, mereka memiliki bakat kepemimpinan yang dapat diasah sejak dini. Oleh karena itu, Mamas perlu mengarahkan mereka untuk selalu berpikir dan bertindak positif melalui petunjuk yang jelas dan tegas.

6. Gemini (21 Mei – 21 Juni)
Karakter: Terlahir memiliki selera humor yang tinggi serta cerdas, membuat anak – anak Gemini disukai banyak orang. Tetapi sayangnya, mereka seringkali tidak tuntas dalam menyelesaikan segala hal yang tengah dilakukan.
Pola asuh yang sesuai: Ajarkan Si Kecil untuk lebih fokus dan konsentrasi pada suatu hal sejak dini. Biasakan mereka untuk menyelesaikan hal yang telah dimulai dengan cara memberikan pengertian sekaligus contoh yang mudah untuk diikuti.

7. Cancer (22 Juni – 22 Juli)
Karakter: Anak – anak Cancer cenderung memiliki perasaan yang sensitif dan mudah terluka. Hal – hal yang menjadi keputusannya dipengaruhi oleh suasana hati dan kondisi sekeliling.
Pola asuh yang sesuai: Mamas perlu berhati – hati saat akan berkomunikasi dengan Si Kecil yang berada dalam naungan zodiak ini karena mereka cenderung mudah terluka. Komunikasikan segala hal dengan penuh perhatian dan biasakan mereka dapat mengungkapkan pendapatnya terlebih dahulu melalui sebuah diskusi santai.

Karakter: Bossy dan cenderung senang memerintah adalah salah satu ciri anak – anak Leo. Hal ini juga menyebabkan segala keinginannya merasa harus dipenuhi.
Pola asuh yang sesuai: Sifat keras kepala yang dimilikinya membuat ia tidak mudah menerima pendapat orang lain. Cara berkomunikasi yang sesuai untuk mereka adalah dengan memberikan contoh melalui sebuah tindakan. Agar sifat bossynya semakin berkurang, ajarkan ia untuk lebih sering meluangkan waktu sendiri tanpa ada teman dan memaknai arti kesendirian.

Karakter: Anak – anak Virgo cenderung memiliki sikap yang manis dan ramah. Ia juga tenang dan cenderung terjadwal dalam menjalankan rutinitas sehari – hari.
Pola asuh yang sesuai: Dibalik sikapnya yang manis, mereka tetaplah anak yang haus akan kasih sayang lho, Mams. Sekalipun jarang marah, biasakan untuk tetap menghujaninya dengan pelukan dan ciuman yang dapat memupuk rasa sayang pada dirinya.

Karakter: Selain terkenal ramah dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, anak – anak Libra juga senang memberontak saat menemui hal yang tidak sesuai dengan keinginan hati.
Pola asuh yang sesuai: Arahkan kemampuan berkomunikasinya sejak usia dini melalui berbagai contoh dan obrolan ringan yang membuatnya tertarik. Selain itu, akan lebih baik jika mamas dapat mengajarkan kedisiplinan untuk mengurangi kemungkinan ia protes terhadap keadaan.

Karakter: Anak – anak Scorpio kurang pandai dalam mengekspresikan perasaan dan pikirannya, tetapi ia selalu ingin tahu tentang segala hal.
Pola asuh yang sesuai: Arahkan keingintahuannya pada hal – hal positif melalui penjelasan detail dan bahasan sederhana. Mamas juga dapat memberikan contoh bentuk ekspresi perasaan mulai dari marah hingga sedih lengkap dengan ungkapan kata – kata.

Karakter: Sikapnya yang periang dan ceria dapat segera berubah menjadi penuh kesedihan saat ia mengalami perubahan mood yang drastis. Selain itu, anak – anak dalam naungan bintang ini cenderung akan teliti sebelum melakukan berbagai aktivitas penting.
Pola asuh yang sesuai: Kondisi yang dianjurkan adalah memberikan mereka ruang seluas – luasnya untuk berekspresi. Lakukan proses pembinaan yang membuatnya nyaman, misalnya dengan mendampinginya saat bermain sambil menjelaskan tentang nilai – nilai kehidupan yang bermanfaat untuk dirinya. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto, Various)

 

Shares