Health

7 Cara Menjaga Kesahatan Otak

By  | 

Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk dijaga, Mamas. Pasalnya jika terjadi sesuatu pada bagian tersebut akan sulit bagi Anda untuk memperbaikinya. Penyakit yang menyerang otak seperti tumor, alzhaimer, menginitis, juga radang selaput otak sangat sulit disembuhkan. Oleh karena itu lebih baik Anda mencegah berbagai penyakit otak dengan cara berikut:

  1. Asupan sehat. Diet makanan untuk kesehatan otak sama dengan diet untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Hindari makanan tinggi lemak dan kolesterol, serta tentu saja banyak mengonsumsi sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Jauhi gorengan, pastikan Anda memperbanyak makanan yang direbus atau dikukus ya.
  2. Olahraga teratur. Tak hanya untuk berbagai penyakit lain, olahraga juga dapat melindungi kesehatan otak Anda. Pilih olahraga yang dapat merangsang otak Anda misalnya aerobic yang menuntut Anda untuk mengingat gerakan. Dengan berolahraga fungsi otak Anda kian meningkat.
  3. Tidur berkualitas. Anda pasti menyadari saat kurang tidur, esok harinya Anda akan mengalami kesulitan berkonsentrasi dan memengaruhi memori Anda. Maka dari itu, jika Anda mengalami insomnia sebaiknya segera kunjungi dokter untuk menemukan solusi. Jika Anda membiarkan insomnia terus berlangsung akan memicu risiko timbulnya penyakit otak.
  4. Hindari stres. Meskipun sulit menghalau stres, Anda harus berusaha untuk menenangkan pikiran serta tidak terlalu memikirkan sebuah masalah dengan berat. Manfaatkan waktu luang untuk relaks, misalnya dengan mengunjungi spa atau sekadar minum kopi bersama teman. Sempatkan diri dan sisihkan dana liburan minimal satu tahun sekali.
  5. Selalu menggunakan pelindung kepala saat dibutuhkan. Jika Anda harus beraktivitas di proyek bangunan atau naik kendaraan beroda dua, wajib bagi Anda melindungi kepala dengan helm guna mencegah cedera pada bagian kepala. Jangan remehkan hal ini ya Mams.
  6. Stimulasi ingatan Anda. Banyak membaca atau bermain puzzle juga mengisi teka teki silang dapat mengasah otak. Pelajari juga bahasa asing yang belum Anda kuasai, atau klub catur, juga menyanyi. Mengunjungi museum atau galeri juga dapat membantu stimulasi otak.
  7. Teliti dalam mengonsumsi obat. Beberapa obat yang ditujukan untuk organ lain seperti obat darah tinggi atau obat penenang dapat memengaruhi fungsi otak. Oleh karena itu, Anda wajib konsultasi pada dokter mengenai efek samping dari obat yang dikonsumsi. Apalagi jika kerap mengonsumsi obat tanpa resep dokter, ada baiknya Anda pelajari lebih lanjut agar tidak mencelakai otak Anda. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares