Finance

4 Langkah Persiapan Kredit Apartemen

By  | 

Mams, Anda yang memiliki mobilitas tinggi khususnya di sekitar pusat kota, apartemen seringkali menjadi pilihan utama dalam menentukan hunian keluarga. Berikut adalah 4 langkah pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen yang wajib diketahui:

1. Dokumen pelengkap

Meliputi pengisian formulir pendaftaran kredit apartemen, keterangan pribadi hingga pekerjaan.

2. Uang muka

Dalam hal ini, jumlah yang ditentukan oleh tiap – tiap bank penyelenggara kredit dapat berbeda. Tetapi pada umumnya, down payment pembelian apartemen adalah sebesar 20% dari harga jualnya.

3. Suku bunga

Besaran suku bunga KPA akan berbeda pada bank penyelenggara kredit. Misalnya untuk Bank BTN, suku bunga yang biasa ditetapkan untuk jumlah kredit diatas Rp. 350 juta adalah 12%. Sementara untuk jumlah kredit dibawah Rp. 350 juta adalah 11.5%. Tergantung dari promosi bank yang bersangkutan, biasanya penetapan suku bunga tersebut akan tetap/flat selama 1 – 2 tahun, selanjutnya mengikuti suku bunga berjalan.

4. Pengalihan KPA.

Bisakah KPA dipindahkan dari satu bank ke bank lain? Jawabannya, bisa. Caranya adalah dengan mendaftarkan kembali KPA yang kita miliki ke bank yang dimaksud seperti halnya langkah pertama pengajuan kredit. Anda diwajibkan mengisi formulir aplikasi KPA dan menghitung ulang sisa kredit yang dimiliki untuk proses konversi.

Jangan ragu untuk melakukan survei dan memilih jenis serta harga apartemen yang sesuai dengan perkiraan budget bulanan Anda ya, Mams. Tetap perlu diingat bahwa biaya kebutuhan hidup keluarga akan semakin bertambah nantinya, jadi akan lebih baik bagi Anda tetap memiliki pos tabungan pendidikan atau kesehatan. (Nathalie Indry/KR/Photo:Istock photo.com)

Shares