Interior Design

Inspirasi Desain Ruang Laktasi Di Perkantoran

By  | 

Mamas, saat ini pemerintah sedang menggalakkan adanya ruang laktasi di berbagai tempat umum termasuk kantor. Meski belum semua kantor memiliki fasilitas ini, namun sebenarnya keberadaan ruang menyusui selayaknya memang ada ya, Mams mengingat pekerja wanita yang tengah dalam masa menyusui membutuhkan ruangan khurus untuk memerah ASI. Desain seperti apa dan apa saja fasilitas yang harus disediakan di ruang laktasi kantor? Simak yuk!

Desain Simpel Namun Hangat

image
Anda tentu tidak dapat mengharapkan ruangan yang desainnya terlalu rumit dan memiliki tema. Yang penting ruang laktasi harus nyaman dan hangat sehingga seorang mama bekerja dapat memerah ASI dengan tenang. Cukup sebuah sofa empuk dipadukan dengan dekorasi yang membuat suasana cerah sehingga mood mama meningkat.

Fasilitas Lengkap

image
Yang satu ini juga penting, sebelum dan setelah menyusui seorang mama pasti membutuhkan air bersih untuk mencuci tangan dan membersihkan area tertentu. Untuk itu dibutuhkan wastafel simpel dengan ukuran sedang. Selain itu, alat pendinging atau freezer juga dibutuhkan mama untuk menyimpan susunya paska memerah ASI.

Privacy Terjaga

SONY DSC
Saat memerah ASI seorang mama harus tenang, sehingga sebaiknya ruang laktasi di kantor memiliki pintu juga sekat yang full. Penggunaan tirai bisa saja dilakukan namun harus dipastikan letak ruangan agak tersembunyi.

Jumlah Ruangan

image
Untuk kantor dengan jumlah karyawan yang cukup banyak, ada baiknya menyediakan ruang laktasi lebih dari satu untuk memenuhi kebutuhan memerah ASI agar tidak terjadi antrian.

Anda juga rekan kerja bisa lho mengajukan pengadaan ruang laktasi di kantor dengan syarat-syarat di atas. Kami berharap semakin banyak lagi perusahaan yang menyediakan ruang menyusui. (Karmenita Ridwan/Photo: Various)

Shares