Mind

Pekan ASI Sedunia 2016 & Panduan Pemberian ASI Bagi Bayi

By  | 

Setiap tahunnya, dunia merayakan satu pekan khusus untuk memaknai kembali pentingnya pemberian ASI bagi bayi melalui aktivitas menyusui. Secara nasional, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menetapkan tema dalam menyambut Pekan ASI Sedunia 2016, yaitu “Ibu menyusui sampai 2 tahun lebih hemat, anak sehat dan cerdas; dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera.”.

waba2016

Pada Pedoman Pekan ASI Sedunia 2016 yang dirilis (1/8/2016), pihak Kementerian Kesehatan RI mengingatkan kembali pentingnya pemberian ASI Eksklusif kepada bayi karena akan membuat mereka tumbuh dan berkembang secara optimal serta tidak mudah sakit. Berikut adalah beberapa manfaat ASI bagi bayi menurut kajian global The Lancet Breastfeeding Series, 2016:

1. Menyusui eksklusif menurunkan angka kematian karena infeksi sebanyak 88% pada bayi yang berusia kurang dari 3 bulan.

2. Sebanyak 31,36% dari 37,94% anak sakit, karena tidak menerima ASI Eksklusif. ASI Eksklusif berkontribusi dalam menurunkan resiko obesitas dan penyakit kronis.

Menurut penjelasan Dr. Margareta Komalasari, Sp.A, jika setelah melahirkan ASI mama belum mengalir keluar, sesungguhnya bayi masih dapat bertahan selama 3 hari pertama tanpa makanan apapun karena ukuran lambungnya yang masih sangat kecil. Nah, berikut adalah hal yang perlu mamas ketahui tentang Strategi Pemberian Makan pada Bayi dan Anak (PMBA) tepat setelah melahirkan:

1. Dimulai dengan penerapan Inisiasi Menyusu Dini pada bayi yang baru saja dilahirkan.
2. Pemberian hanya ASI saja tanpa menambahkan makanan atau minuman lain hingga bayi berusia 6 bulan (ASI Eksklusif).
3. Sejak usia 6 bulan dilanjutkan dengan pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang tepat disamping ASI.

4. Melanjutkan pemberian ASI hingga anak berusia 2 tahun atau lebih.

Momen ini juga menjadi reminder bagi kita ya, Mams, untuk ikut peduli memberikan informasi positif tentang ASI dan manfaatnya terutama pada lingkungan terdekat. Anda bisa lho, membantu membangkitkan semangat bagi mama lain yang baru saja melahirkan untuk segera meminta penerapan Inisiasi Menyusui Dini pada pihak Rumah Sakit tempat ia melahirkan dan mengajarkan konsep latch on yang benar, sehingga produksi ASI dapat segera terangsang. Happy breastfeeding! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto, various)

Shares