Health

6 Alasan Mengapa PMS Anda Lebih Buruk

By  | 

Setiap wanita memiliki gejala berbeda menjelang haid ya, Mams. Ada yang pegal, ada yang nyeri perut, ada yang sakit kepala, dan ada pula yang tidak merasakan gejala apapun. Namun banyak juga mamas yang mengeluh sangat kesakitan hingga tidak dapat menahan rasa nyeri tersebut. Nah jika Anda mengalaminya, mungkin ini alasannya.

  1. Diet Anda salah. Wanita memang selalu mendambakan bentuk tubuh ideal ya Mams, namun terkadang melakukannya dengan cara salah. Banyak mamas berdiet agar berat badannya turun drastis sehingga tidak mementingkan faktor kesehatan. Nah hal tersebut kerap membuat PMS Anda jadi menjadi lebih buruk dari wanita lain. Segera ubah pola diet Anda menjadi diet sehat, karena asupan omega-3 dan kalsium dapat mereduksi rasa nyeri menjelang menstruasi.
  2. Kurang olahraga atau justru berlebihan. Beberapa penelitian mengatakan wanita yang rutin berolahraga akan merasakan PMS yang jauh lebih ringan daripada wanita yang jarang atau bahkan tak pernah berolahraga. Tetapi olahraganya relaks seperti jogging, jalan kaki, atau yoga teratur saja ya. Olahraga berlebihan juga justru memicu PMS yang Anda alami jadi lebih buruk.
  3. Pertambahan usia. Yes Mamas, mau tidak mau seiring bertambahnya usia, hormon Anda juga akan berubah. Hal ini menyebabkan PMS Anda terasa kian menyiksa, beberapa mamas mengeluh kala PMS ia mengalami migren, meriang, atau nyeri tak tertahankan saat ia menginjak usia tertentu. Hal ini dapat diatasi dengan pola hidup sehat serta rajin check up.
  4. Berat badan Anda kurang ideal. Overweight maupun underweight dapat menyebabkan PMS Anda lebih menyakitkan. Maka dari itu pastikan berat badan Anda masih dalam range BMI (Body Mass Index) sesuai.
  5. Alat kontrasepsi. Yang satu ini juga memengaruhi PMS Anda lho Mams, beberapa mamas yang memakai alat kontrasepsi seperti IUD mengeluh merasa sangat nyeri menjelang haid. Para ahli mengatakan, alat kontrasepsi yang relatif stabil dan tak mengganggu PMS adalah pil, namun pastikan Anda mengonsumsinya tiap hari, jangan sampai ada hari yang terlewatkan ya, Mams.
  6. Sesuatu yang serius terjadi. Nah yang satu ini perlu Anda perhatikan lho Mams, jika ada permasalahan di uterus atau area rahim, maka menjelang haid ia akan bereaksi yang menyebabkan nyeri Anda bertambah parah. Jika hal ini terjadi terus menerus ada baiknya segera periksa ke dokter kandungan. Anda juga wajib melakukan pap smear secara berkala ya Mams. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares