Finance

Tip Mudah Menabung Uang Muka Rumah

By  | 

Memiliki rumah sendiri tentunya merupakan impian setiap orang. Apalagi bagi kita yang telah berkeluarga ya, Mamas. Namun seperti yang banyak ditemui, down payment (DP) atau uang muka rumah menjadi kendala sebagian besar orang saat berencana membeli rumah dengan sistem kredit. Besarnya uang muka rumah yang ditentukan oleh Bank Indonesia sebesar 20 persen dari harga rumah, bisa dibilang jumlahnya tidaklah sedikit. Namun jangan jadikan hal itu sebagai penghalang, Mamas. Beberapa tip dari Smart Mama berikut ini, dapat membantu Anda untuk menemukan solusinya.

Tentukan kemampuan. Jumlah DP sebuah rumah biasanya sebesar 20% dari harga rumah itu sendiri. Misalnya harga rumah tersebut Rp 600 juta maka DP yang perlu disiapkan sebesar Rp 120 juta. Ini belum termasuk biaya-biaya lainnya ya Mams, seperti biaya administrasi, pajak, dan lainnya. Jadi cari tahu lebih lanjut berapa besaran biaya lain-lainnya ini. Beberapa pengembang ada yang memberi kelonggaran seperti DP yang dapat dicicil atau cukup membayar tanda jadi yang nilainya lebih kecil dari itu. Namun tetap perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku.  Dari situ, Anda dapat melihat berapa harga rumah yang mampu Anda miliki. Bila Anda sudah menentukan target berapa yang harus dikumpulkan maka Anda sudah bisa mengetahui berapa besar uang yang harus disisihkan untuk ditabung.

Potong pengeluaran. Bisa dibilang, Anda harus sedikit mengencangkan ikat pinggang untuk keperluan menabung DP rumah. Potong beberapa pengeluaran yang kurang penting, agar tabungan Anda bisa lebih banyak. Pengeluaran seperti makan bersama di restoran, atau belanja pakaian, bisa Anda tekan.

Turunkan standar tempat tinggal. Bagi Anda yang saat ini masih menyewa apartemen atau mengontrak rumah, maka saat ini adalah waktunya untuk menurunkan pengeluaran biaya sewa yang ada. Bila sebelumnya biaya sewa atau kontrak sebesar Rp. 30 juta per tahun, maka Anda bisa memangkasnya dengan pindah ke tempat lain yang sewanya lebih rendah. Memang sih, faktor kenyamanan akan berbeda, namun berhemat untuk beberapa waktu demi rumah impian tentunya setimpal dengan hasilnya.

Happy Family In Front Of Their New House. [url=file_search.php?action=file&lightboxID=4800362][img]http://02b5b0c.netsolhost.com/stock/banniere4.jpg[/img][/url]

Fasilitas autodebet. Setelah mengetahui berapa banyak jumlah uang yang harus Anda sisihkan untuk menabung uang muka rumah, Anda bisa menggunakan fasilitas yang kini tersedia di bank. Minta pihak bank tempat Anda menerima gaji, untuk melakukan autodebet setiap kali Anda gajian. Dengan begitu Anda jadi disiplin dalam menabung.

Simpan bonus dengan baik. Beberapa perusahaan memiliki kebijakan pemberian bonus bagi karyawannya. Bila perusahaan Anda termasuk yang memiliki kebijakan itu, makaAnda bisa menyetorkan uang tersebut ke dalam rekening tabungan DP rumah tadi. Begitu pula saat Anda mendapat arisan, atau mendapatkan honor tambahan dari side job. Dengan begitu, target Anda akan lebih cepat terpenuhi. Selamat mencoba! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares