Mind

5 Pertanyaan yang Wajib Diajukan Sebelum Memilih RS Untuk Melahirkan

By  | 

Mamas, memilih rumah sakit untuk melahirkan memang kerap membingungkan ya, pasalnya banyak pertimbangan yang harus Anda putuskan sebelum memilih satu yang paling pas. Berikut 5 pertanyaan yang wajib Anda tanyakan pada pihak rumah sakit.

1. Apa saja pilihan cara melahirkan yang tersedia di Rumah Sakit tersebut? Beberapa mamas menginginkan cara melahirkan yang spesial misalnya water birth, pastikan rumah sakit tersebut menyediakan yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga perlu bertanya dengan detail berbagai car melahirkan, mulai dari normal, normal dengan epidural hingga c-section jika Anda tidak bisa melahirkan secara normal.

2. Apa saja fasilitas yang disediakan Rumah Sakit jika terjadi sesuatu pada Anda maupun Si Bayi? Tak ada salahnya Anda meminta petugas rumah sakit untuk mengantar Anda melihat semua fasilitas yang mereka miliki. Anda juga sekaligus dapat melihat kebersihan dan tata ruang rumah sakit. Pastikan rumah sakit yang Anda pilih memiliki ruang ICU dan NICU agar tidak sulit jika terjadi komplikasi.

Empty Patient Room In Modern Hospital

3. Apakah rumah sakit tersebut meng-cover asuransi Anda? Yang satu ini juga perlu Anda perhatikan ya, khususnya bagi Anda yang sudah tergabung dalam perusahaan asuransi tertentu, baik dari kantor maupun pribadi. Pastukan juga tata cara klaim asuransi yang berlaku, beberapa rumah sakit mengharuskan Anda mengisi form terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah kepanikan di hari H saat Anda sudah dalam proses persalinan lalu bingung harus mendaftarkan asuransi dengan cara seperti apa. Tanyakan juga apabila dana yang Anda keluarkan melebihi plafon asuransi peraturan seperti apa yang akan diberlakukan.

4. Berapa perkiraan biaya yang diperlukan untuk berbagai jenis persalinan termasuk jika terjadi komplikasi? Guna mempersiapkan dana persalinan, ada baiknya sejak awal Anda sudah bertanya berapa perkiraan biaya untuk persalinan normal, caesar, berikut dengan kemungkinan komplikasi.

5. Bagaimana proses booking kamar? Kekhawatiran tidak mendapatkan kamar di hari H juga kerap membuat calon mama cemas, oleh karena itu ada baiknya Anda menanyakan sejak dini aturan booking  di rumah sakit tersebut. Good luck, Mams! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares