Health

Smart Mama Story: Cara Simpel Jaga Kesehatan Kala Hamil

By  | 

Mamas to be, menjaga kesehatan kala hamil memang sangat penting ya. Pasalnya, jika Anda sampai jatuh sakit, Anda akan sulit menemukan obat yang cocok dan aman untuk wanita hamil. Empat mama berikut berbagi trik simpel menjaga kesehatan kala hamil. Simak yuk!

“Terus terang saja, saya bukan tipe orang yang rajin minum vitamin dan obat dari dokter, jadi selama masa kehamilan saya selalu berusaha untuk mengonsumsi buah-buahan segar. Dan saya sangat menghindari makanan berminyak juga yang mengandung banyak MSG. Hasilnya, saya dan janin dalam kandungan sangat sehat hingga persalinan tiba.” Alina Hanggoro, 26 tahun, mama dari Keenan, 5 bulan.

“Selain rajin mengonsumsi vitamin dari dokter, saya juga rajin minum air kacang hijau, dan selain itu perut saya tidak pernah kosong. Saya selalu sedia camilan dimanapun saya berada sehingga saya tidak pernah menahan lapar. Hal ini sangat penting bagi saya, saat kehamilan pertama, saya kerap menahan lapar karena sedang meeting atau banyak pekerjaan. Akhirnya maag saya kambuh dan tentu saja sakit saat hamil sama sekali tidak enak. Maka dari itu di kehamilan kedua ini saya selalu menjaga agar pengalaman tidak enak tersebut tak terulang.” Leyla Jauhari, 29 tahun, mama dari Gavin, 2 tahun, hamil 6 bulan.

“Saat hamil Azka tahun lalu, bertepatan dengan wabah demam berdarah di daerah tempat tinggal kami. Tentu saja saya panik, saya rajin makan makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh, selain itu setiap hari mengonsumsi jus jambu merah. Tak hanya itu, saya rajin mengoleskan minyak zaitun ke seluruh tubuh agar terhindar dari gigitan nyamuk. Hasilnya ternyata berlipat ganda lho, selain terhindar dari demam berdarah, saya juga tidak terkena penyakit lain, dan kulit saya mulus tanpa stretch mark.” Ratih Safitri, 28 tahun, mama dari Reyhan, 6 bulan.

“Rahasia sehat kehamilan saya adalah window shopping haha, melihat barang-barang cantik yang lucu-lucu bisa membuat saya sangat terhibur, dan tanpa terasa saya juga berolahraga kan? Selain itu, selama kehamilan saya suka sekali makanan berkuah seperti shabu-shabu yang isinya mayoritas sayuran. Camilan favorit pun yogurt karena asam sehingga tidak mual. Hasilnya, saya dan bayi sangat sehat, plus berat badan saya tidak bertambah secara signifikan.” Annisa Arifin, 26 tahun, mama dari Alessa, 2 bulan. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares