Parenting

3 Cara Mengajarkan Akhlak Pada Anak

By  | 

Selain sehat jasmani, keinginan terbesar kita sebagai orangtua terhadap anak – anak adalah melihat mereka tumbuh menjadi anak yang memiliki akhlak mulia. Psikolog Intan Erlita, M.Psi saat ditemui dalam event “V Islamic Parenting ‘Menuntun Anak untuk Sehat & Berakhlak Mulia’ yang diadakan oleh V Radio Jakarta mengemukakan bahwa kasus pelecehan (bully atau kekerasan seksual) yang terjadi pada anak – anak & lingkungan keluarga belakangan ini adalah hasil dari kurangnya pendidikan akhlak pada mereka. Lalu, bagaimana cara mengajarkannya?

Definisi akhlak
Secara harfiah, akhlak berarti tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan yang baik.

Kapan konsep akhlak dapat diperkenalkan?
Sedini mungkin melalui contoh positif dari orangtuanya. Momen bulan ramadan juga dapat dijadikan momen kick off mamas memperkenalkan atau memberi contoh kebiasaan baik ini.

Bagaimana cara mengajarkan konsep akhlak kepada anak?
1. Bimbing anak dengan pemahaman akan pentingnya akhlak mulia baik di mata agama maupun lingkungan.
2. Bimbing anak dengan memberikan contoh nyata melalui perbuatan.
3. Bimbing anak dengan pembiasaan dalam kehidupan sehari – hari.

Apa saja contoh real yang dapat dilakukan sejak dini?
1. Mengajarkan anak selalu bersyukur.
2. Mengajarkan anak selalu menghormati dan menghargai orang lain.
3. Hindari memberikan kesenangan yang berlebih.

Jangan lupa untuk selalu menyediakan waktu unuk review pembiasaan ini ya, Mams. Beberapa ciri anak sehat secara rohani dapat dilihat dari kemampuannya untuk bersikap positif, aktif dan ceria, serta ekspresif. Usia golden years (1-5 tahun) merupakan usia dengan kemampuan otak menyerap informasi sangat tinggi, sehingga Mamas dapat mulai melakukan pembiasaan dan mengajarkan konsep positif yang akan berpengaruh pada kehidupan mereka kelak. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares