Health

Ini Aturan Berolahraga Saat Haid

By  | 

Mamas, saat haid atau menstruasi kondisi tubuh Anda memang berubah. Beberapa mama mengeluh alami nyeri di berbagai bagian tubuh seperti perut, payudara juga pinggang. Saat haid juga Anda cenderung merasa lemas, serta bad mood. Dengan kondisi tersebut, banyak wanita yang kerap bertanya bolehkah mereka berolahraga? Dan ternyata, olahraga saat haid justru memperlancar peredaran darah sehingga dapat mengurangi rasa nyeri kala haid. Olahraga juga dipercaya dapat menghasilkan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa bad mood Anda. Namun, bukan berarti Anda dapat berolahraga seperti biasa ya, Mams. Yuk simak aturannya.

  1. Olahraga ringan atau low impact. Meski Anda terbiasa melakukan latihan yang high impact, namun untuk sementara waktu selama Anda haid sebaiknya lakukan olahraga yang lebih ringan. Pasalnya, saat haid organ kewanitaan Anda sedang rentan sehingga tidak bisa diforsir untuk melakukan hal yang berat.
  2. Lakukan gerakan stretching atau yoga. Gerakkan stretching akan membantu Anda menghilangkan rasa nyeri atau pegal-pegal yang lazim dialami wanita saat sedang haid. Sementara itu, gerakan yoga dapat membuat Anda merasa lebih relaks.
  3. Hindari gerakan yang bertumpu pada perut. Saat haid, area perut Anda mengalami trauma, jadi jangan tambahkan bebannya menjadi semakin berat. Maka dari itu, hindari gerakan yang bertumpu pada area tersebut ya, Mams.
  4. Kenakan pakaian yang lebih longgar. Saat hair, tubuh Anda akan terasa kurang nyaman dan cepat merasa kepanasan, ada baikya Anda menggunakan kaus biasa yang longgar. Begitu pula dengan bawahan, kenakan celana olahraga yang tidak terlalu ketat serta berbahan sejuk.
  5. Minum air putih lebih banyak. Wanita yang sedang haid lebih cepat mengalami dehidrasi. Maka dari itu, Anda wajib menambah asupan air putih saat sedang berlatih. Hal ini akan menjaga Anda untuk tetap memiliki energi untuk berlatih.
  6. Gunakan deodorant lebih banyak dari biasanya. Yes Mamas, wanita haid memang kerap mengeluarkan bau badan yang lebih menyengat dari biasanya. Gunakan deodorant dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya ya, agar aroma tubuh Anda lebih segar. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares