Mind

Smart Mama Story: Menjalani Kehamilan Selama Bulan Puasa

By  | 

Kesehatan kehamilan adalah tolak ukur yang wajib menjadi pertimbangan utama saat akan menjalankan ibadah puasa. Secara umum, masa kehamilan yang dianggap paling ‘siap’ untuk berpuasa adalah saat memasuki trimester kedua. Mengapa? Karena pada masa ini, tubuh calon mama sudah mampu beradaptasi dengan perubahan hormonal yang terjadi sehingga keluhan selama kehamilan dapat diminimalisir. Tetapi  dalam kondisi tertentu, Anda diperbolehkan untuk membatalkan puasa lho, Mams (Baca: Aturan Berpuasa untuk Calon Mama). Lalu bagaimana ya pengalaman para calon mama dalam menjalani aktivitas berpuasanya? Yuk simak.

“Sebelum memutuskan untuk berpuasa, saya terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai hal ini. Menurutnya, yang terpenting adalah tetap mencukupi kebutuhan asupan harian melalui konsumsi makanan yaitu 2.200 – 2.300 kalori per hari yang dapat dikonsumsi saat waktu berbuka dan sahur. Menurut pengalaman saya, selama kebutuhan tersebut terpenuhi, puasa tidak jadi halangan, kok.” Sheila, usia kandungan 3 bulan. 

“Tubuh saya memerlukan sedikitnya lima hari masa adaptasi di bulan puasa ini. Selebihnya oke – oke saja. Pada awalnya memang terasa lemas, tapi saya selalu coba atasi dengan menghindari stres dan konsumsi vitamin juga protein dari daging dan ikan untuk mengganti energi yang hilang selama satu hari penuh. Alhamdulilah, all is well.” – Nadya Arum, usia kandungan 7 bulan.

“Saya sudah coba untuk ikut berpuasa selama 2 hari pertama di bulan Ramadan tahun ini, tapi ternyata saya malah lemas dan pusing. Akhirnya saya putuskan saja untuk membatalkan puasa sampai saat ini.” – Chyntia, usia kehamilan 2 bulan. 

square edit

Nah, bagaimana dengan Anda, Mams? Saling berbagi inspirasi cerita kehamilan  bersama Sensitif, yuk! Caranya, Kunjungi halaman kontes #SensitifRamadhan, tuliskan pengalaman Anda menjalani kehamilan selama bulan ramadan dan ajak 3 orang teman calon mama untuk mengikuti kontes yang sama. 15 Mamas to be yang terpilih akan mendapatkan hadiah berupa gift voucheruntuk berbelanja kebutuhan bayi dari tororo.com. Cerita Anda dapat memberikan inspirasi bagi calon mama lain, lho. Semoga beruntung ya! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares