Interior Design

Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Furnitur

By  | 

Saat hendak berbelanja furnitur, sebaiknya jangan hanya modelnya saja yang menjadi bahan pertimbangan Anda, Mamas. Furnitur dengan model menarik belum tentu memiliki kualitas yang baik.

Agar terhindar dari salah pilih furnitur, berikut adalah beberapa tip agar Anda bisa mendapatkan furnitur berkualitas baik, dan tentunya sesuai dengan harapan Anda.

  • Duduk di atasnya. Ketika Anda mencari furnitur seperti sofa atau kursi, cobalah rasakan kenyamanannya. Tak hanya itu, ketahui juga apakah furnitur tersebut sesuai dengan tubuh Anda. Misalnya, apakah tinggi kursi sesuai dengan panjang kaki Anda? Apakah kaki Anda dapat beristirahat dengan nyaman di lantai, atau justru menggantung? Dan, apakah Anda merasa tangan Anda terlalu tinggi saat meletakkannya pada sandaran tangan, atau justru terlalu rendah? Meski terlihat sepele, faktor kenyamanan adalah yang utama.
  • Melihat bagian bawah furnitur. Lihat dan periksa bagaimana bagian demi bagian furnitur tersebut disatukan. Cek bagian sendi, ikat kain dan hal-hal lainnya yang memengaruhi kualitas furnitur.
  • Ada pendapat bahwa berat furnitur berkaitan dengan kualitas. Ya, jika furnitur yang Anda inginkan lebih ringan dari yang diharapkan, bisa jadi kerangkanya tidak cukup kokoh.
  • Model furnitur. Nantinya Anda akan melihat furnitur ini setiap hari di rumah. Jadi, pastikan warna, tekstur, dan model furnitur tersebut memang sesuai dan selaras dengan dekorasi rumah Anda.
  • Perhatikan bahannya. Bagaimana merawat furnitur tentunya disesuaikan dengan bahannya. Jadi pastikan furnitur yang akan Anda pilih perawatannya cukup mudah ya, Mamas.
  • Ukuran furnitur. Saat akan membeli furnitur, Anda bisa membawa pita panjang untuk mengukur. Pastikan tinggi, panjang, dan lebar furnitur sesuai dengan ruangan yang tersedia di rumah Anda. Oya, jangan lupa untuk mengukur pintu rumah untuk memastikan furnitur bisa masuk ke dalam rumah. (Tammy Febriani/YA/Photo: Istockphoto.com)

Shares