Pleasure

5 Pilihan Destinasi yang Baby Friendly

By  | 

Memiliki seorang bayi bukan lantas Anda dan pasangan mengurungkan niat untuk berlibur ya, Mams. Asalkan destinasi yang Anda tuju ‘ramah bayi’, liburan Anda sekeluarga pasti tetap seru dan tak terlupakan! Berikut 5 pilihan destinasi yang baby friendly.

Bali

relaxation

Yes Mamas, ternyata pulau cantik di negeri kita yang kerap dijadikan destinasi honeymoon ini, adalah salah satu tujuan wisata yang baby friendly. Pulau cantik ini menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan Anda untuk traveling membawa bayi. Misalnya, hampir setiap penyewaan mobil menyediakan car seat untuk anak, tentu saja Anda harus request sebelumnya ya, Mams. Tak hanya itu, di Bali Anda juga dapat menemukan banyak sekali hotel yang family friendly, seperti Westin di Nusa Dua, atau Hard Rock Hotel di kawasan Kuta. Namun sebenarnya masih banyak lagi lho penginapan yang sangat membantu Anda kala traveling bersama bayi. Dan rata-rata mereka juga memiliki jasa nanny andal yang dapat merawat Si Kecil kala Anda ingin melewati malam romantis bersama pasangan. Di Bali, Anda dapat mengajak Si Bayi menikmati udara pantai yang segar, jika usianya sudah cukup besar, misalnya menjelang satu tahun, tak ada salahnya membawa Si Kecil ke Bali Zoo agar ia mengenal berbagai jenis hewan.

Tokyo, Jepang

Mother with baby on Ginza in Tokyo

Meski menempuh perjalanan yang cukup jauh,  kota yang satu sangat direkomendasikan bagi Anda yang bepergian dengan membawa bayi. Pasalnya kota ini sangat menarik untuk sekadar city strolling bersama pasangan dan Si Kecil. Tempat ini menyediakan kafe khusus untuk bayi, lengkap dengan mainan yang sesuai dengan usia mereka, bahkan ada karpet khusus yang dapat digunakan untuk bayi Anda berbaring, serta snack khusus bayi. Tak hanya itu, Anda juga dapat menemukan kursi khusus bayi kala menggunakan transportasi kereta. Yang harus Anda perhatikan adalah kondisi cuaca yang sedang berlangsung di kota tersebut. Ada baiknya Anda berkunjung ke Tokyo saat udara sedang sejuk, yakni di musim semi.

Phuket, Thailand

Phuket

Sama seperti Bali, kawasan pantai yang satu ini juga memiliki berbagai fasilitas lengkap untuk keluarga dan tentu saja Si Bayi. Nah jika bayi Anda sudah mulai mengonsumsi MPASI, maka ada baiknya Anda memilih penginapan yang memiliki dapur kecil agar Anda dapat memasak sendiri makanannya. Namun sebenarnya, di Phuket sendiri tersedia banyak supermarket bertaraf internasional yang menjual makanan bayi. Selain bermain di pantai, Anda juga dapat mengajak Si Kecil untuk melihat gajah. Meski ia belum mengerti, melihat hewan unik di hadapannya pasti membuat Si Kecil excited. Anda juga dapat mengajaknya ke Phuket Aquarium yang sangat bermanfaat untuk menstimulasi sensor visualnya. Seru ya, Mams?

Langkawi, Malaysia

Oriental village. Langkawi island, Malaysia

Pulau yang terletak di sebelah barat negara tetangga ini memang terkenal dengan pemandangan yang indah, serta berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan, mulai dari naik cable car dengan ketinggian 708 meter, menikmati hiking di Gunung Raya, menikmati hidangan khas setempat, hingga shopping. Dan ternyata, tempat ini juga ramah anak dan bayi lho, Mams. Selain tersedia berbagai pilihan hotel ramah anak mulai dari hotel biasa hingga bintang lima, Langkawi juga memiliki fasilitas lain yang baby friendly, misalnya penyewaan mobil yang lengkap dengan car seat, supermarket lengkap, juga jasa nanny. Udara yang segar serta kicauan burung yang kerap terdengar di daerah ini akan membuat bayi Anda merasa relaks dan nyaman, begitu juga dengan Anda dan pasangan.

Perth, Australia

Meski berbeda benua, kota yang satu ini relatif dekat dengan Indonesia, dari Jakarta sendiri Anda hanya membutuhkan waktu sekitar empat jam. Kota ini memang sangat nyaman bagi Anda yang ingin bepergian membawa anak bahkan bayi. Perth juga kerap diklaim sebagai kota yang stroller friendly, pasalnya Anda jarang menemui jalanan yang terjal dan sulit untuk dilalui oleh stroller bayi. Di kota ini, Anda dapat membawa Si Kecil ke berbagai taman yang tersedia seperti Kings Park and Botanic Garden atau Araluen Botanic Park. Anda sekeluarga juga dapat berbelanja sekaligus menikmati seafood di Fremantle Market. Dan tentu saja Anda wajib menikmati berbagai pantai indah di Perth. Anda juga akan menemukan baby changing room di berbagai tempat publik.

Selamat berlibur, Mamas, dan jangan lupa untuk mencari tahu rumah sakit dan klinik yang paling dekat dengan penginapan in case Si Kecil sakit atau cedera. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares