Finance

Cara Berhemat yang Justru Bikin Boros

By  | 

Tingginya biaya hidup saat ini menuntut kita agar lebih cerdas dalam mengatur keuangan. Memangkas pengeluaran bulanan pun harus cermat, karena tak semua cara berhemat benar-benar bisa mengurangi pengeluaran Anda, lho, Mamas. Jangan sampai, cara Anda berhemat ini justru malah membuat Anda jadi lebih boros. Berikut ini adalah beberapa cara berhemat yang sebenarnya justru bikin Anda jadi boros:

  • Membeli dengan harga termurah. Tentunya, setiap orang akan lebih memilih membeli barang dengan harga yang lebih murah. Namun bila kualitasnya tidak terjamin, maka yang ada hanya pemborosan. Barang ‘murah’ Anda tadi akan lebih cepat rusak dan Anda jadi harus membeli lagi yang baru. Jadinya malah pemborosan kan, Mams? Namun bukan berarti Anda harus beli barang dengan harga yang paling mahal, karena itu juga belum tentu menjamin kualitas suatu barang. Jadi pilihlah barang dengan kualitas yang baik, dengan harga yang masih lebih terjangkau.
  • Menukar kupon belanja. Beberapa toko seringkali mengeluarkan kupon belanja bagi pelanggannya. Namun bila harus pergi jauh hanya untuk menukar kupon belanja, coba Anda pikirkan lagi berapa banyak uang yang terbuang untuk biaya transportasinya. Jadi, sebelum Anda pergi menukarnya, sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu apakah menukar kupon tersebut benar-benar menguntungkan atau malah merugikan. Dan bila masih menguntungkan, cek terlebih dahulu ke toko terkait apakah kupon tersebut bisa digunakan di hari itu. Jangan sampai sudah jauh-jauh sampai disana, ternyata kupon tak berlaku, atau sistem pembayaran mereka sedang offline hingga kupon tak dapat digunakan. 
  • Belanja saat diskon. Diskon yang ditawarkan para penjual memang sangat menggoda. Seringkali Anda jadi membeli barang yang sebenarnya tak dibutuhkan hanya karena tergoda dengan besarnya diskon yang ditawarkan. Beberapa cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah berhenti berlangganan newsletter atau katalog di e-mail yang notifikasinya bisa muncul kapan saja di ponsel Anda, dan saat sedang ada ajang pesta diskon, sebaiknya Anda tak lupa untuk membawa list belanja barang-barang yang memang dibutuhkan dan tinggalkan kartu kredit Anda di rumah.
  • Belanja untuk mendapatkan poin reward. Promo diskon, cash back, dan program menguntungkan lainnya yang ditawarkan oleh bank penerbit kartu kredit memang cukup menggiurkan. Namun jika Anda harus belanja menggunakan kartu kredit sebanyak sekian juta demi cash back sebesar 3%, rasanya itu tak membuat Anda jadi hemat, Mamas. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto)

 

Shares