Mind

Keuntungan Bergabung Dalam Support Group

By  | 

Mamas, seperti yang sudah kita ketahui bersama,terdapat perbedaan pada cara pria dan wanita dalam menghadapi masalah. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam hormon: kortisol, epinephrine, dan oksitosin. Penyebab utamanya adalah jumlah hormon kortisol yang dilepaskan oleh wanita saat ia berada pada titik stres yang menyebabkan naiknya tekanan darah jauh lebih tinggi daripada pria, sehingga menyebabkan perbedaan tingkat emosional. Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan terapi support group. Dengan bergabung dalam komunitas positif seperti ini dan melakukan sharing pengalaman, diharapkan dapat meningkatkan perasaan positif dalam menghadapi masalah, mulai dari problem pribadi hingga yang berkenaan dengan masalah parenting. Berikut adalah beberapa keuntungan bergabung dalam support group yang perlu Anda tahu:

  1. Tanpa Judge. Penyebab permasalahan atau posisi sebagai korban adalah alasan utama terbentuknya support group. Di sini, Mamas dapat dengan leluasa berkeluh kesah dan menyampaikan masalah yang mengganggu untuk melegakan pikiran tanpa perlu merasa terhakimi.
  2. Saling menguatkan. Persamaan background masalah seringkali membuat para anggota support group tumbuh menjadi pribadi yang saling menguatkan satu sama lain dan terhindar dari pemikiran negatif melalui informasi dan motivasi untuk keluar dari permasalahan. Anda akan memperoleh rasa pengertian, empati, dan pertolongan karena adanya kesamaan kelompok. Memang, akan lebih baik jika proses sharing dibantu oleh para psikolog, karena fokusnya adalah menciptakan rasa nyaman pada setiap anggotanya.
  3. Belajar dari pengalaman. Sharing moment yang terjadi antar anggota akan memberikan insight yang berbeda. Anda dapat belajar dari pengalaman orang lain untuk menyikapi permasalahan yang sedang dihadapi.

Pada intinya, bergabung dengan support group akan membuat Anda merasa terkoneksi dengan lingkungan sekitar, terutama pribadi yang memiliki problem yang sama. Hal ini akan menciptakan rasa nyaman dan terlindungi pada diri Anda, sehingga akan menjauhkan Anda dari kemungkinan depresi. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares