Finance

Problem Finansial Single Mama (dan Solusinya)

By  | 

Mamas, tahukah Anda bahwa data survei yang diungkapkan oleh pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2012 menunjukkan jumlah perempuan yang menjalani peran ganda sebagai single mama di Indonesia telah mencapai angka 7 juta? Dan sampai saat ini, angka perceraian diperkirakan terus meningkat sebanyak 10% setiap tahunnya sejak 2005. Well, menjalani peran sebagai orangtua tunggal bukanlah sebuah pilihan, ada begitu banyak permasalahan yang mengintai, terutama masalah keuangan. Tapi bagaimana bila Anda tidak memiliki pilihan lain selain menjalaninya? It’s a thin line between love and hate, tapi beberapa cara berikut akan membantu.

1. Atur ivestasi pendidikan & kesehatan.
Dua kebutuhan dasar anak ini merupakan tanggung jawab Anda dan pasangan sejak memutuskan untuk menikah. Sebagai tindakan preventif, disarankan Anda segera mengatur kepemilikan dua jenis asuransi ini setelah Si Kecil lahir untuk masa depan mereka.

2. Tetapkan tujuan keuangan.
Baik dalam bentuk rencana jangka pendek maupun panjang, Anda perlu menuliskan kebutuhan keuangan minimal untuk masa satu tahun ke depan, misalnya traveling atau biaya tersier. Siapkan juga pos khusus dana darurat yang bisa dibuat dalam sebuah rekening terpisah.

3. Raih penghasilan tambahan.
Berkurangnya pos pemasukan keuangan setiap bulannya akan memberikan tantangan tersendiri untuk Anda dan Si Kecil. Jika tidak mungkin menjalani dua pekerjaan sekaligus, tingkatkan skill dan kualitas ketrampilan dari subjek yang Anda sukai melalui berbagai aktivitas. Misalnya kursus / tutorial online.

4. Hindari utang.
Penting bagi Anda untuk mengendalikan pengeluaran keseharian, salah satunya adalah dengan cara menurunkan standar hidup bersama. Jika kondisi keuangan Anda belum stabil dan belum memiliki tabungan jangka panjang, hindari tawaran fasilitas kartu kredit tambahan. Cara ini hanya akan menambah jumlah utang yang tidak direncanakan.

Selain hal – hal diatas, penting untuk Anda tetap berpikir positif dan menjaga kesehatan tubuh ya, Mamas. Kesehatan jasmani dan rohani akan berimbas pada positifnya kondisi keuangan keluarga, karena pos dana darurat untuk kondisi sakit dapat diminimalisir. One more, the most important thing you have to remember is, be present for your kids. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares