Finance

Bayar dengan Tunai atau Kartu Kredit Ya?

By  | 

Tahukah Anda bahwa ternyata, bila kita dapat mengetahui kapan sebaiknya membayar sesuatu memakai uang tunai dan kapan menggunakan kartu kredit, Anda justru dapat menghemat pengeluaran lho, Mamas. Lalu apa saja sih yang sebaiknya dibayar dengan uang tunai, dan apa yang lebih baik dibayar dengan kartu kredit ya? Simak tip dari Smart Mama berikut ini.

Sebaiknya Anda menggunakan uang tunai untuk:

  1. Membeli makanan. Hindari membeli makanan menggunakan kartu kredit karena justru hal ini bisa membuat Anda jadi boros. Karena menurut penelitian, menggunakan kartu kredit untuk membayar sesuatu tak membuat Anda merasa benar-benar mengeluarkan uang. Jadi membeli makanan dengan kartu kredit dapat dengan mudah membuat pengeluaran membengkak. Lebih baik gunakan uang tunai saat membeli makanan, terutama makanan untuk keperluan sehari-hari seperti makan siang, kopi, dan camilan.
  2. Belanja bulanan. Belanja bulanan adalah pengeluaran tetap Anda setiap bulan dengan kisaran jumlah yang kurang lebih sama setiap bulan, jadi sebaiknya, biasakan membayarnya dengan menggunakan uang tunai ya Mamas.
  3. Menukar valuta asing. Kartu kredit memang baik digunakan melakukan transaksi di luar negeri. Namun, jika harus melakukan transaksi tukar-menukar valuta asing, maka uang tunai adalah pilihan terbaik. Dengan menukar mata uang asing menggunakan uang tunai, Anda biasanya akan mendapatkan harga ‘grosir’ yang dicadangkan untuk pembelian antar-bank. Dengan begitu, Anda mendapatkan harga terbaik dari valuta asing tersebut.

Sebaiknya Anda menggunakan kartu kredit untuk:

  1. Bertransaksi online. Meski terdengar riskan, membayar transaksi online menggunakan kartu kredit justru lebih aman. Bank biasanya memiliki beragam sistem keamanan untuk mencegah penipuan secara online. Namun, Anda melakukan transaksi di situs terpercaya ya, Mamas. Anda bisa mendapatkan kredit 0% untuk barang promosi.
  2. Membeli tiket pesawat. Salah satu trik mendapatkan tiket pesawat murah adalah dengan membelinya menggunakan kartu kredit. Kartu kredit sering menawarkan berbagai promo dan diskon menarik tiket pesawat. Anda juga bisa mengumpulkan poin dan reward yang dapat ditukarkan dengan berbagai penawaran lainnya.
  3. Pengeluaran mendadak. Anda juga bisa menggunakan kartu kredit untuk biaya tak terduga seperti biaya rumah sakit atau biaya service mobil yang mendadak rusak. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares