Nyeri Perut Kala Hamil & Berat Badan Janin Kurang

By  | 

Q: Perkenalkan nama saya Lisna. Saya sedang hamil 25 minggu. Saya seringkali merasa sakit pada perut bagian atas di sebelah kanan. Rasanya cukup perih dan membuat saya tidak nyaman. Begitu juga saat tidur, saya berusaha mengganti posisi ke kiri dan ke kanan tetap saja membuat saya tidak bisa tidur, dan sering terasa sesak bagian dada. Sejauh ini saya sudah periksa dan USG, hasilnya, bayi saya sehat namun berat badannya masih kurang. Mohon bantuan dan sarannya ya, dok.Terimakasih.

Lisna, 29 tahun, hamil 25 Minggu

dr. Doni Menjawab:

dr donny-revisi

Dear Mama Lisna,
Keluhan nyeri perut sebelah kanan atas pada saat kehamilan trimester kedua dapat terjadi karena banyak hal, bisa berkaitan dengan pengaruh mekanik sebagai kompensasi rahim yang semakin membesar  sehingga memberikan penekanan pada organ di sekitar rahim, atau bisa berkaitan dengan masalah lain. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk dievaluasi penyebab pastinya.
Mengenai berat bayi yang kurang, harus dipastikan seberapa berat masalah yang terjadi, dengan membandingkan taksiran berat bayi dengan acuan batas normal pada kurva pertumbuhan berat badan bayi. Selain itu, harus dievaluasi adanya kemungkinan penyebab sistemik yang menjadikan pertumbuhan janin terhambat dan evaluasi mengenai pola nutrisi selama kehamilan. Hal ini dapat dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter kandungan dan kebidanan terkait. Semoga kehamilan mama dapat berjalan dengan baik tanpa kendala hingga saatnya memasuki proses persalinan nanti. (dr. Doni Aprialdi, SpOG, MKes/Redaksi/Photo: Istockphoto.com)

Shares