Health

Manfaat Pemeriksaan USG di Setiap Trimester

By  | 

Calon mama dianjurkan untuk memeriksakan kehamilannya secara rutin. Dan wajib melakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi (USG) minimal tiga kali selama kehamilan. Lalu apa sih manfaat dari pemeriksaan USG ini? Ternyata, pemeriksaan USG pada kehamilan sangat penting sekali, Mams. Dari pemeriksaan tersebut, kita dapat mengetahui apakah ada kelainan pada janin yang kita kandung. Dengan begitu, kita dapat mengetahui apakah pertumbuhan janin Anda sehat, atau ada kelainan. Sehingga, apabila terjadi kelainan, maka dokter kandungan dapat segera menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan.
Dan berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai apa saja yang bisa diketahui oleh calon mama melalui screening test yang dilakukan di tiap trimester.

Trimester I
Di trimester pertama atau di usia kehamilan antara 10-14 minggu, Anda dapat mengetahui apakah terdapat kelainan kromosom atau tidak pada janin. Jika ternyata pada pemeriksaan ditemukan masalah pada kromosom bayi hingga 85%, maka sekitar 60-70% anak dapat mengalami masalah saat lahir dan setelah ia tumbuh.

Trimester II
Di usia kehamilan 15 – 27 minggu ini, kita dapat mengetahui bagaimana pertumbuhan organ pada bayi. Apakah lengkap dan bentuknya sempurna, mulai dari kepala, kaki, tangan, tulang belakang, dan lainnya. Hanya saja di usia kandungan ini, kita belum dapat mengethu apakah organ-organ tersebut dapat berfungsi dengan baik atau tidak ya, Mamas to be.

Trimester III
Memasuki usia kehamilan 28-32 minggu, Anda bisa mengetahui bagaimana pertumbuhan keseluruhan organ tubuh bayi, apakah terdapat gangguan fungsi organ, dan sebagainya. Pada trimester ini Anda juga dapat mengetahui apakah bayi Anda cukup mendapat asupan nutrisi, atau menderita gangguan aliran darah. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares