Education

Trik Memilih Mainan Sesuai Usia Si Kecil

By  | 

Memilih mainan untuk Si Kecil sebenarnya mudah. Tapi, jangan sampai kita memilih mainan yang asal bagus tapi tidak memiliki unsur edukasi di dalamnya. Nah, yuk kita pilih mainan untuk Si Kecil sesuai dengan tahapan usianya!
Usia 1 tahun
Pada usia 1 tahun, si kecil sudah mulai dapat berjalan tanpa bantuan. Ia senang bereksplorasi dan mencoba menapakkan kakinya kemana saja sesuai dengan keinginannya. Di usia ini, ketertarikan Si Kecil terhadap benda bergerak dan berbunyi sangatlah besar. Jangan heran bila ia senang berlama-lama memperhatikan mainannya yang dapat berputar dan mengeluarkan suara.
Anda bisa belikan mainan bertombol yang dapat mengeluarkan bunyi, donat susun warna-warni, stacking cups, balok susun dari kain atau plastik.

Usia 2 tahun
Pada usia ini Si Kecil sudah mulai tidak bisa diam. Jangan heran bila Si Kecil suka berlarian kesana kemari. Anda mulai bisa mengajarinya belajar sambil bernyanyi, atau membaca buku cerita bergambar. Anda bisa belikan buku bacaan dengan kertas yang tebal agar tidak mudah robek, bola plastik besar, bola bowling plastik, mainan bongkar pasang, dan lainnya.

Usia 3 tahun
Usia 3 tahun, Si Kecil suka sekali menirukan sesuatu. Mereka sudah lancar berbicara dalam kalimat panjang dan mulai dapat mengekspresikan emosinya.
Si kecil yang peniru ini juga senang mengamati Anda saat beraktivitas. Misalnya, bilaAnda sedang memasak dan memotong bahan, ia akan sangat senang bila Anda mengijinkannya “membantu” Anda. Anda bisa belikan mainan bongkar pasang, bola yang lebih kecil untuk mainan lempar tangkap, papan tulis kecil bermagnet, mainan masak-masakan, truk pengangkut pasir dengan sekop, dan lainnya.

Usia 4 tahun
Pada usia ini, umumnya si kecil sudah mulai masuk sekolah. Pola pikirnya pun semakin imajinatif dan strategis. Mereka sangat suka permainan-permainan bertema, atau permainan imajinasi. Anak-anak perempuan di usia ini biasanya mulai menyukai boneka-boneka cantik dengan segala macam aksesori, atau permainan rumah-rumahan. Sedangkan anak laki-laki akan sangat menyukai mainan mobil-mobilan yang bisa diatur dan dimainkan di area balap, atau menggunakan remote control.

Usia 5 tahun
Pada usia ini Si Kecil sudah mulai mengenal rutinitas belajar. Ia mulai senang mengkombinasikan warna-warna dengan baik, mewujudkan imajinasinya dalam sebuah gambar. Usia 5 tahun juga sangat menyukai angka dan huruf. Tak heran bila ia sangat suka dengan permainan angka dan sangat suka membaca apa yang ada di sekelilingnya. Selalu sediakan buku-buku bacaan dan fasilitasi kemampuan kognitifnya agar selalu terasah. Belikan ia jam kayu, papan tulis dengan spidol, puzzle, lego, buku bacaan bergambar, atau sepeda mini. (Yosi Avianti /Photo : Various)

Shares