Mind

Pentingnya Hypnobirthing Untuk Melancarkan Proses Persalinan

By  | 
Mamas to be yang saat ini sedang berada pada masa trimester akhir kehamilan, pasti tengah mempersiapkan berbagai kebutuhan Si Kecil, ya. Just to remind you, jangan lupa untuk sekaligus mempersiapkan mental atau kondisi psikologis diri Anda sendiri ya, karena akan berpengaruh terhadap kelancaran proses melahirkan bayi nantinya. Ketakutan menjelang akhir masa kehamilan memang wajar, tapi bisa diatasi kok, Mams.
Belakangan, istilah hypnobirthing kian akrab kita dengar. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan kondisi terbaik dan ternyaman kepada bayi sehingga Mamas to be dapat melahirkan tanpa rasa sakit yang berlebihan. Ingin tahu lebih jauh? Yuk simak
Bagaimana proses hypnobirthing memengaruhi diri kita?
Tahukah mamas bahwa kekuatan alam bawah sadar berperan 82% terhadap fungsi diri? Hypnobirthing merupakan afirmasi positif yang diucapkan di alam bawah sadar secara berulang sehingga terprogram ke alam bawah sadar. Sementara, hal – hal yang negatif akan dihapuskan. Misalnya, ketakutan mengalami rasa sakit saat melahirkan.
Kapan sebaiknya hypnobirthing dilakukan?
Proses ini bisa dilakukan oleh semua calon mama pada usia kehamilan berapa pun, semakin dini, semakin baik. Jika dilakukan selama kehamilan, maka janin akan merasa damai sekaligus memperkuat ikatan batin Anda dengannya. Bahkan, hypnobirthing dipercaya bisa membantu untuk mengatasi gejala morning sickness dan baby blues paska melahirkan.
Apa manfaat hypnobirthing?
Meningkatkan kadar endorphin – hormon penghilang rasa sakit alami tubuh untuk mengurangi rasa nyeri pada saat kontraksi.
Bagaimana proses hypnobirthing?
Dengan bantuan terapis, suasana akan dibuat senyaman mungkin, dengan meredupkan lampu, memasang musik yang menenangkan dan menyalakan lilin aromaterapi. Ibu hamil akan dibuat relaks sehingga terbuka pada sugesti positif. Terapis akan mengucapkan ‘perintah positif secara berulang, hingga terprogram di otak. Misalnya, cara berdamai dengan rasa sakit menjelang persalinan. Lamanya sesi tergantung setiap individu, yang terbagi lagi dalam tiga bagian: ringan, sedang, dan dalam.
Diharapkan dengan mengikuti sesi hypnobirthing, Anda akan semakin siap menghadapi persalinan dan melancarkan proses tersebut. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda tentang kebutuhan ini, termasuk informasi mengenai detail kelahiran ya, Mams. Stay happy and healthy during pregnancy! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto)

 

Shares