Health

4 Manfaat Tidur Bagi Si Balita

By  | 

Tentu saja semua orang harus tidur setiap hari untuk mengistirahatkan seluruh organ tubuh dan kembali fresh saat bangun tidur nantinya. Namun khusus untuk balita, tidur yang cukup dan berkualitas sekitar 10-13 jam sehari, memiliki manfaat tersendiri, Mams.  Yuk simak empat manfaatnya.

  1. Lebih ceria. Masa balita memang masa bermain dan bahagia, tidur berkualitas akan mebuat moodnya meningkat sehingga menjadi lebih ceria. Anak balita yang tidak bermasalah dengan waktu dan kualitas tidur akan lebih ceria serta bahagia. Ia akan bermain dan belajar secara maksimal kemudian beristirahat dengan cukup.
  2. Berat badan normal. Mirip dengan orang dewasa, saat kurang tidur, anak memiliki kecenderungan untuk makan atau ngemil akibat asupan oksigen dalam tubuh berkurang. Hal ini akan memicu Si Kecil overweight, oleh karena itu pastikan tidur anak berkualitas dengan mengurangi distraction saat ia akan pergi tidur.
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh. Anak yang tidur cukup dan berkualitas akan memiliki metabolisme tubuh yang lebih kuat dibandingkan anak yang kurang tidur. Ia akan terhindar dari penularan penyakit.
  4. Terhindar dari kecelakaan. Saat kurang tidur, tubuh Si Balita kurang seimbang, padahal aktivitas balita seringkali melibatkan motorik kasar, seperti melompat atau berlari. Jika ia kurang tidur atau kerap terbangun saat tidur di malam hari, maka keseimbangan Si Kecil akan menjadi penyebab ia lebih rentan alami cedera.(Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares