Finance

4 Alasan Anda Sebaiknya Membayar Tagihan  CC Diatas Minimum Payment

By  | 

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memiliki kartu kredit (CC). Namun tentunya, Anda harus bijak dalam menggunakannya ya, Mamas (baca: Tip Bijak Menggunakan Kartu Kredit), sebab bila tidak berhati-hati menggunakannya, yang ada malah jadi kerugian yang didapat.

Salah satu fasilitas metode  pembayaran yang dimiliki kartu kredit adalah Anda dapat membayar minimum payment, yaitu sebesar 10 persen dari total tagihan Anda. Namun jangan senang dulu dengan metode pembayaran ini. Karena bukannya menguntungkan, justru hal ini dapat merugikan Anda. Kenapa? Yuk simak alasannya berikut ini.

1. Tak lunas-lunas. Jika Anda memiliki kebiasaan mencicil tagihan kartu kredit sedikit demi sedikit sebesar minimum payment maka akhirnya akan semakin banyak pula Anda harus membayar bunga tagihan tersebut. Setiap membayar cicilan pasti Anda akan dikenakan bunga dari total tagihan yang ada. Hal seperti ini jelas sangat merugikan Anda, karena bunga bukan diambil dari pokok hutang, melainkan sisa tagihan yang harus Anda bayar. Karena itu segeralah bayar tagihan Anda dengan lunas, atau lebih banyak dari minimum payment.

2. Tagihan semakin besar. Sebenarnya dengan membayar minimum payment, tagihan Anda malah justru semakin besar lho, Mamas.

3. Mengurangi saldo. Jika Anda mencicil tagihan kartu kredit dengan menggunakan minimum payment, maka itu hanya akan mengurangi saldo kartu kredit Anda. Jadi, bayarlah lebih besar dari minimum payment agar jika Anda sedang butuh dana darurat, masih ada saldo yang bisa dipakai ya, Mams.

4. Sulit mengajukan kartu kredit lain.

Jika hendak mengambil kredit lain, seperti KTA atau KPR, biasanya pihak bank akan melihat dulu apakah utang yang Anda miliki sudah terbayar lunas ataukah belum. Apabila Anda masih membayar dengan minimum payment,  maka itu dapat menyulitkan Anda. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares