Career

Buah Pereda Mual untuk Calon Mama Bekerja 

By  | 

Rasa mual yang Anda rasakan saat hamil adalah hal wajar ya, Mams to be. Kadar hormon HCG dan hormon estrogen yang melonjak drastis di usia kehamilan trimester pertama merupakan penyebab utama terjadinya keluhan ini. Kedua hormon tersebut memicu bagian otak yang mengontrol mual dan muntah menjadi lebih sensitif terhadap aroma, bau, dan rasa tertentu. Selain itu, saluran pencernaan yang terdesak karena pertumbuhan janin juga membuat asam lambung terpacu untuk keluar melalui tenggorokan sehingga semakin membuat ibu hamil cenderung mudah mual dan muntah terutama di pagi hari. Hal ini tentunya mengganggu sekali ya, Mams to be. Apalagi saat Anda sedang di tengah kesibukan pekerjaan. Tak perlu khawatir ya, Anda bisa meredakannya dengan beberapa buah di bawah ini. Pastikan buah-buah berikut ini selalu menyertai di tengah kesibukan Anda bekerja ya, Mams to be.

1. Apel hijau. Apel hijau memiliki banyak serat dan vitamin C yang membantu kesehatan pencernaan, mencegah konstipasi (susah BAB), dan meningkatkan kekebalan atau sistem imun tubuh. Tak hanya itu,  apel hijau juga merupakan salah satu makanan penghilang mual yang cukup efektif. Kandungan airnya yang segar membantu Anda terbebas dari dehidrasi dan lesu karena mual dan muntah tersebut.

2. Pisang. Buah pisang merupakan buah yang sangat baik dikonsumsi ibu hamil (baca: Ini Alasan Mengapa Pisang Baik untuk Calon Mama). Pisang kaya akan vitamin B6, vitamin yang membantu menetralkan lambung dan organ pencernaan lainnya.

3. Jeruk. Buah ini kaya antioksidan dan vitamin C. Aroma dan rasanya yang khas dapat mengurangi rasa mual saat Anda hamil muda atau di trimester pertama.

4. Mentimun dan buah berair lainnya. Mentimun dan buah berair dari family cucurbitae seperti melon, tomat, blewah, semangka, dan lainnya juga bisa menjadi alternatif penghilang rasa mual di saat hamil muda. Mengonsumsinya dengan jumlah cukup dapat membebaskan Anda dari rasa mual serta menjaga kesehatan kehamilan Anda. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares