Health

Manfaat ASI untuk Bayi

By  | 

Tentunya Anda sudah tahu ya, Mams bahwa kandungan nutrisi lengkap dalam ASI sangat penting bagi bayi kita. Hal itu pula yang menjadi alasan pemerintah menggalakkan program ASI eksklusif dengan mewajibkan ibu untuk dapat menyusui bayinya selama enam bulan pertama kehidupan Sang Bayi. Lalu apa sih manfaat yang bisa didapat bayi melalui ASI? Yuk kita simak kelebihannya berikut ini.

1. Kaya akan zat penting yang dibutuhkan bayi. ASI memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan bayi, seperti; DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin, dan lisozim yang semuanya tersedia dalam takaran dan komposisi pas bagi bayi Anda. Semua nutrisi inilah yang dapat membantu perkembangan bayi dengan optimal. Itu salah satu alasan mengapa ASI jauh lebih unggul dibandingkan susu pengganti lainnya.

2. Sebagai sarana bonding. Menyusui bayi secara langsung dapat mendekatkan Anda dan bayi lho, Mams. Anak yang mendapatkan ASI eklusif dari Sang Mama cenderung mempunyai kedekatan dan hubungan yang lebih baik dibandingkan  bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI.

3. ASI memberikan kekebalan tubuh yang optimal. Keunggulan lain ASI yaitu membantu pembentukan sistem imun Sang Bayi. Sistem imun ini sangat krusial bagi bayi, semakin baik sistem imun anak maka akan membuat anak jarang sakit. Dibandingkan bayi yang tak mendapatkan asupan ASI, bayi yang mendapatkan asupan ASI diketahui mempunyai sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik.

4. ASI tidak basi dan selalu segar. Tidak seperti susu lain, ASI tidak akan basi, karena langsung dihasilkan di payudara Anda tanpa campur tangan bahan kimia. Jaga asupan makanan yang dikonsumsi agar selalu bergizi seimbang ya, Mams. Agar ASI yang dihasilkan pun memiliki kualitas baik.

5. ASI lebih higenis dibandingkan susu lain. Karena ASI langsung diberikan melalui payudara ibu, maka bisa dipastikan ASI tersebut steril dan memiliki suhu tepat sesuai kebutuhan bayi.

6. ASI melindungi bayi dari beberapa penyakit.Dengan ASI, risiko bayi mengalami gangguan pencernaan, diare , infeksi telinga, dan beberapa penyakit lainnya cenderung lebih kecil.

7. ASI dapat melindungi bayi dari berbagai alergi makanan. Namun tentunya Anda juga harus menjaga asupannya.

Jadi tak perlu lagi untuk ragu menyusui Si Kecil ya, Mamas. Bila Anda mengalami kendala menyusui, segera konsultasikan hal ini kepada konselor ASI.(Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares