Education

Tip Meningkatkan Konsentrasi Si Kecil Saat Belajar

By  | 

Konsentrasi merupakan hal yang harus dimiliki anak usia sekolah. Tapi seringkali Si Kecil sulit berkonsentrasi karena ia tidak fokus dalam menyimak satu hal. Jika hal ini terjadi pada anak, sebaiknya Anda menyikapi dengan bijak. Jangan langsung menyimpulkan bahwa Si Kecil memiliki daya konsentrasi  rendah. Karena pada usia golden age, anak dalam  proses menjelajah dunia untuk mengeksplorasi beragam hal baru di sekelilingnya. Berikut beberapa tip yang bisa Anda coba untuk membantu  meningkatkan konsentrasi belajar Si Kecil.

1. Istirahat cukup. Ketika tubuh Si Kecil sudah lelah, sebaiknya jangan paksa ia untuk terus dihadapkan pada buku tugas dan melanjutkan belajarnya. Biarkan ia beristirahat cukup, karena bila dipaksakan belajarnya akan menjadi kurang optimal. Misalnya, saat pulang biasakan mereka mendapatkan waktu tidur siang cukup. Selain itu, atur juga waktu tidur mereka di malam hari, agar jangan tidur terlalu larut. Pola tidur anak yang tidak teratur atau tidak mendapatkan waktu tidur cukup malam hari, akan berpengaruh pada daya konsentrasinya dipagi hari.
2. Kerjakan satu persatu. Agar anak mendapatkan konsentrasi penuh sewaktu belajar, sebaiknya dahulukan Si Kecil untuk menyelesaikan tugasnya hingga tuntas. Jangan menyelangi waktu belajarnya dengan menyuruh ia mengerjakan pekerjaan rumah lain. Hal ini hanya akan membuat konsentrasi dan energinya terbagi dua.
3. Waktu menonton televisi Dan penggunaan gadget. Sekarang ini banyak anak yang mulai kecanduan gadget. Anda sebaiknya tidak memberikan Si Kecil bermain handphone di hari sekolah. Juga berikan aturan saat menonton televisi agar tidak menganggu jadwal belajar di rumah.
4. Posisi belajar. Selain waktu istirahat, posisi belajar  juga akan berpengaruh pada tingkat konsentrasi saat belajar. Hindari belajar dalam posisi tiduran, sambil mengobrol, dekat dengan TV dan lain sebagainya. Posisi yang baik saat belajar adalah  duduk tegak dan suasana tenang. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares