Career

Q&A: Mendapat Panggilan Wawancara Kerja Saat Hamil 9 Bulan

By  | 

Q: Saya sedang hamil sembilan bulan dan mendapatkan panggilan wawancara kerja di perusahaan yang saya impikan. Apa yang harus saya lakukan? Haruskah saya tetap hadir mengingat persalinan saya tinggal menunggu hari? 

Debby, 25 tahun, hamil 9 bulan

A: Sayang sekali Anda harus melamar kerja ketika hamil. Terlebih sudah memasuki trimester terakhir ya, Mams to be.  Menurut Joyce E.A. Russell, wakil dekan di Universitas Maryland Robert H. Smith School of Business yang juga direktur Executive Coaching and Leadership Development Program, akan lebih bijaksana bila melamar kerja setelah melahirkan nanti dan Anda memang sudah siap untuk kembali bekerja. Atau mungkin Anda memang ingin langsung kembali bekerja beberapa minggu setelah bersalin?

Bila Anda tak berniat langsung bekerja dalam beberapa bulan ke depan, mungkin sebaiknya Anda menginformasikan kepada pihak perusahaan yang memanggil Anda mengenai alasan ini. Namun bila memang Anda berencana langsung bekerja setelah melahirkan bayi Anda, dan perusahaan tersebut memang membutuhkan Anda dalam waktu dekat, maka sebaiknya segera memikirkan kapan Anda bisa mulai siap bekerja. Hal yang diutamakan oleh perusahaan yang mempekerjakan Anda adalah kapan Anda sudah bisa mulai bekerja pada mereka dan apakah Anda bisa berkomitmen dengan pekerjaan Anda 100 persen. Jadi, persiapkan segala sesuatunya dengan baik saat menghadiri wawancara kerja nanti ya, Mam Debby. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares