Parenting

Jika Si Kecil Miliki Ibu Tiri

By  | 

Mamas, jika Anda sudah pernah bercerai hidup maka kemungkinan mantan suami untuk menikah lagi tentu besar.  Dan jika mantan suami Anda menikah lagi, otomatis Si Kecil akan memiliki seorang ibu tiri. Kondisi tersebut memang dapat mengubah beberapa aspek dalam kehidupan Si Kecil. Agar hubungan Anda, Si Kecil juga mantan suami dan istrinya tetap berjalan baik, lakukan hal berikut ya Mams.

  • Jangan merasa terancam. Buang rasa cemburu maupun perasaan terancam jika hal tersebut terjadi karena hal ini akan memengaruhi sikap Anda pada Sang Mama Baru. Berpikir positif ya Mams, anggap saja Anda dan Si Kecil akan memiliki tambahan keluarga baru.
  • Ajari ia menghormati ibu tirinya. Ciptakan suasana damai dengan meminta Si Kecil menghormati ibu barunya. Tidak perlu membicarakan keburukannya ya Mams, tentunya Anda juga ingin Si Kecil menghormati pasangan Anda kan?
  • Ciptakan komunikasi terbuka. Meskipun Anda percaya mantan suami akan memilih istri terbaik yang sayang pada anak Anda, namun tetap saja Anda harus berjaga-jaga terjadinya konflik atau kecemburuan dari pihak istri barunya. Oleh karena itu ciptakan komunikasi yang baik dengan anak, pastikan ia berbicara jujur, dan ajari ia untuk tidak dapat di-bully siapapun.
  • Jaga hubungan baik dengan mantan suami dan istri barunya. Seorang anak akan meniru sikap Anda, jika Anda ingin ia sopan dan respek terhadap ibu tirinya, makan Anda harus melakukan hal sama. Jaga hubungan baik Anda dengan mantan suami serta keluarga barunya, jadikan mereka keluarga Anda juga. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Various)

Shares