Career

Q&A: Atasi Mengantuk Saat Bekerja pada Calon Mama

By  | 

Q: Semenjak hamil, saya mudah sekali merasa mengantuk. Kalau akhir pekan atau hari libur sih tak masalah karena saya bisa seharian tidur di rumah. Namun saat merasakan ngantuk di tengah pekerjaan yang menumpuk, rasanya sangat mengganggu sekali. Saya jadi kurang konsentrasi. Adakah alternatif lain selain kopi yang bisa saya konsumsi agar tak mengantuk?

Anya, 25 tahun, hamil 4 bulan

A: Mudah lelah dan mengantuk kerap dialami  para calon mama. Karena itu tidur cukup sangatlah disarankan. Sebenarnya, walau hamil Anda masih bisa mengonsumsi kopi, hanya saja porsinya harus dibatasi. Batas maksimal konsumsi kafein per hari adalah 200 mg atau setara dengan dua cangkir kopi instan.

Namun bila Anda tak ingin mengonsumsi kopi, maka Anda bisa menggantinya dengan makanan-minuman berikut ini:

  • Cokelat hitam. Pilih cokelat hitam atau dark chocolate sebagai salah satu makanan penghilang kantuk. Dengan makan cokelat, bisa meningkatkan semangat karena cokelat menghasilkan hormon bahagia dalam diri Anda. Walau cokelat juga mengandung kafein, namun kadarnya jauh lebih sedikit daripada kadar kafein dalam kopi.
  • Apel dan melon. Mengonsumsi apel dan melon segar yang manis alami bisa menyegarkan seluruh tubuh Anda. Selain mengandung vitamin, buah apel dan melon sangat nikmat dimakan di sela-sela kebosanan Anda.
  • Air putih. Air putih mampu menghidrasi tubuh, sehingga ketika meminumnya, dalam beberapa saat rasa kantuk yang Anda rasakan mulai menurun. Minum air putih saat Anda baru bangun tidur dan saat mengantuk.
  • Makanan dan minuman asam, yang mengandung lemon, asam, atau jeruk. Makanan seperti ini bisa membantu Anda menyuplai vitamin C dan sensasi rasanya bisa  mengusir rasa kantuk Anda. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares