Health

Mengenal HELLP Sindrom pada Wanita Hamil

By  | 

Sindrom satu ini memang cukup berbahaya bagi kehamilan karena dapat mengancam kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungannya. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar sindrom HELLP yuk simak pembahasan Smart Mama berikut.

Apa itu Sindrom HELLP?
Sindrom HELLP adalah gabungan dari tiga kondisi kesehatan, yakni Hemolytic Anemia kondisi di mana sel darah merah mudah hancur sehingga calon mama kekurangan sel darah merah. Elevated Liver Enzymes yaitu gangguan pada fungsi liver yang mengindikasikan ketidakmampuan liver mengolah racun dalam tubuh. Serta Low Platelet Count, tubuh Anda kesulitan untuk pembekuan darah sehingga rentan terhadap pendarahan. Sindrom tersebut kerap terjadi pada kehamilan preeklamsia dengan perbandingan 1:10. Dan biasa terjadi pada kehamilan memasuki trimester akhir.

Gejala Sindrom HELLP

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sindrom ini kerap dimulai dengan preeklamsia yakni tekanan darah tinggi pada wanita hamil. Selain itu sindrom ini sering ditandai dengan nyeri ulu hati juga mual dan kerap muntah. Pandangan menjadi kabur, sering sakit kepala, juga merasa kesemutan. Yang juga menjadi gejala utama adalah jumlah trombosit yang menurun.

Penyebab Sindrom HELLP

Hingga kini belum diketahui dengan pasti penyebab sindrom ini. Meski begitu kebanyakan penderita sindrom HELLP berasal dari wanita hamil yang terkena preeklamsia. Calon mama yang di kehamilan sebelumnya menderita sindrom inu juga berisiko terkena lagi di kehamilan berikutnya.

Pencegahan dan Penanganan Sindrom HELLP

Sayang sekali sindrom satu ini belum ada pencegahannya. Namun pada dasarnya jika selama kehamilan menjalani gaya hidup sehat maka Anda dapat tehindar dari berbagai penyakit. Dan bagi Anda yang preeklamsia ada baiknya memeriksakan kandungan maupun tubuh Anda sendiri secara intensif.
Pada umumnya, jika Anda mengalami sindrom HELLP saat usia kandungan sudah memasuki 34 minggu ke atas, maka Anda akan dianjurkan melahirkan lebih cepat. Dan biasanya Anda akan diberikan korticosteroid agar paru-paru bayi Anda cepat matang. Namun jika usia kandungan belum layak untuk proses persalinan maka dokter akan menunggu hingga janin Anda cukup usia tetapi Anda akan memdapat berbagai perawatan dan pengobatan. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares