Perut Bagian Bawah Sakit Saat Hamil

By  | 

Q: Dear dr. Doni,

Saat ini saya usia kandungan memasuki minggu ke-24. Akhir-akhir ini saya kerap merasakan sakit pada perut bagian bawah saat bangun dari duduk. Apakah penyebabnya, dan berbahayakah bagi kandungan saya?

Fira, 26 tahun, hamil 6 bulan

A: Dear Ny. Fira,

Saat hamil, rahim calon mama akan bertambah besar. Dari mulanya berat hanya sekitar 30 gr menjadi 1000 gr karena bertambahnya ukuran otot-otot rahim. Awalnya rahim berada di tengah rongga panggul. Akan tetapi, pada bulan keempat, rahim menjadi terlalu besar untuk rongga panggul yang kecil, sehingga rahim naik dan berada di dalam rongga perut.

Hal inilah yang kemudian membuat calon mama seringkali mengalami keluhan nyeri pada perut bagian bawah, karena adanya penekanan rahim terhadap organ sekitarnya. Tak hanya itu, calon mama juga menjadi lebih sering merasa ingin buang air kecil. Untuk menanggulanginya, sebaiknya Anda menghindari posisi statis terlalu lama dan bila ingin mengubah posisi, lakukanlah secara bertahap. Bila kondisi ini terus berlanjut, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengevaluasi kemungkinan penyebab lain.

Profil dokter:

IMG-20151203-WA0001

dr. Doni Aprialdi, SpOG, MKes merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Ia dikenal sebagai sosok yang berdedikasi tinggi. Berbagai prestasi telah diraih selama menjalani masa pendidikan di Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran, Bandung. Lulus sebagai dokter umum lulusan terbaik pada tahun 2007, menjadi nominator lulusan dokter spesialis kandungan dan kebidanan terbaik tingkat nasional periode tahun 2014-2015. Pengalaman dari sisi ilmiah pun tidak perlu diragukan lagi, beberapa kali ia menjadi pembicara pada seminar tingkat nasional, menjadi Liaison Officer pembicara luar negeri pada forum internasional, dan baru saja memperoleh predikat makalah terbaik nasional ke-II pada acara Kongres Obstetri dan Ginekologi Indonesia (KOGI) XVI pada Agustus 2015. Berbekal pendidikan spesialis pada tahun 2014 dan program magister yang didapatnya pada tahun 2015, dokter Doni saat ini berpraktek sebagai dokter purna waktu di RSIA Hermina Pasteur dan paruh waktu di RSU Hermina Arcamanik. (dr. Doni Aprialdi, SpOG, MKes/Redaksi/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares