Finance

Cara Bijak Kelola Warisan

By  | 

Tak semua orang beruntung bisa mendapatkan warisan harta dari orangtuanya. Dan bila Anda termasuk yang beruntung mendapatkannya, ada baiknya Anda bijak dalam mengelola warisan tersebut agar tidak menyesal di kemudian hari, Mamas. Lalu apa saja yang cara bijak untuk mengelola warisan tersebut?

1. Melunasi utang piutang Anda. Jika Anda punya utang kartu kredit atau utang cicilan barang tertentu, segera pakai warisan Anda untuk membayar semuanya hingga betul-betul lunas. Bila cicilan kartu kredit Anda lebih dari satu, bayarlah utang di kartu kredit yang memiliki bunga tertinggi, setelah itu tutup saja kartu tersebut ya, Mamas.

2. Membuka rekening baru. Datangi bank terdekat di tempat tinggal Anda lalu buatlah rekening tabungan baru atas nama Anda pribadi, bukan rekening bersama pasangan. Tabunglah minimal tiga kali dari gaji Anda (jika Anda bekerja) atau tiga kali dari gaji suami Anda, dan jadikan sebagai dana darurat yang dipakai bila Anda kebutuhan mendesak semata.

3. Mempersiapkan dana pendidikan. Yang satu ini tidak kalah penting lho, Mamas. Apalagi bila Si Kecil belum memiliki asuransi pendidikan, segera buatkan untuknya ya. Pasalnya biaya pendidikan selalu meningkat seiring dengan inflasi di negara kita. Belum lagi harga masuk dan iuran bulanan di sekolah-sekolah unggulan semakin mahal lho, Mamas. Oleh karena itu kelola warisan Anda dengan mendaftarkan anak Anda dalam sebuah asuransi pendidikan.

4. Mencoba investasi. Belakangan ini banyak orang yang sudah melakukan investasi tertentu dan berhasil. Ada berbagai jenis investasi baik jangka pendek, menengah, maupun panjang. Pilihlah jenis investasi yang paling Anda pahami dan dananya sesuai dengan kocek Anda.

5. Sedikit bersenang-senang. Bila seluruh prioritas tersebut sudah dipenuhi namun masih ada sisa harta warisan, tak ada salahnya Anda menyenangkan diri bersama keluarga dengan melakukan perjalanan singkat ke luar kota atau luar negeri. Pakai waktu liburan sebagai sarana bonding time dengan pasangan dan Si Kecil ya, Mamas. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares