Relationship

Tip Berdamai Saat Bertengkar dengan Ibu Mertua

By  | 
Bukanlah perkara baru bahwa hubungan antara menantu dan ibu mertua kerap kurang harmonis.  Dan masalah antara menantu dan ibu mertua biasanya makin runyam ketika Anda tinggal serumah. Meski begitu, konflik klasik ini sebetulnya bisa Anda atasi dengan cara tepat kok, Mamas. Beberapa cara di bawah ini bisa Anda coba untuk meredam suasana.
1. Berusahalah sabar. Banyak ibu mertua yang memicu konflik karena merasa bahwa dirinyalah yang paling mengerti kebutuhan Si Anak, sehingga mereka sering ngomel jika menantu perempuannya dianggap tidak becus, padahal Anda sudah melakukan hal terbaik.
Jika sudah begini, Anda memang harus meningkatkan kesabaran diri dan jangan terpancing emosi. Para orangtua terutama ibu biasanya punya rasa ketakutan ditinggal oleh anaknya sehingga ia melakukan hal tersebut.
 
2. Saling terbuka dengan ibu mertua. Bicara adalah cara terbaik dalam menyampaikan isi hati. Jika Anda tinggal dengan mertua, ketahui aturan yang ada di rumahnya, agar Anda tak sering kena ‘semprot’ akibat melanggar aturan yang belum Anda ketahui. Anda juga bisa mengeluarkan isi hati agar tidak terjadi kesalahpahaman. Biar bagaimanapun urusan rumah tangga adalah milik Anda dan suami, orangtua sebaiknya tidak ikut campur kecuali jika diminta.
3. Minta bantuan suami. Jika Anda merasa kurang nyaman bicara langsung dengan ibu mertua, ungkapkan terlebih dahulu ‘unek-unek’ Anda dengan suami. Biarkan suami yang bicara karena bagaimanapun, suami lebih mengerti karakter Sang Ibu.
4. Jangan ‘lari’ dari masalah. Seburuk apapun masalah yang terjadi dan sekesal apapun yang Anda rasakan pada mertua, jangan langsung pergi begitu saja meninggalkan rumah. Jika Anda butuh waktu sendiri, mintalah izin suami dan mertua. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares