Health

Ini 7 Manfaat Teh untuk Kesehatan Anda

By  | 

Di musim hujan seperti sekarang ini, mengonsumsi teh hangat rasanya sungguh nikmat ya, Mamas. Entah itu di pagi hari atau sore hari di saat rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan rumah tangga atau kantor. Apapun jenis teh yang Anda minum baik itu teh hijau, teh hitam, maupun oolong semuanya ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kita lho, seperti:

1. Menurunkan kadar kolesterol. Sebuah penelitian yang dipublikasi di American Journal of Clinical Nutrition beberapa waktu lalu, mengatakan teh hijau ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Beberapa sumber lain juga mengatakan, untuk hasil maksimal Anda disarankan minum lima cangkir teh sehari, namun tentu saja tanpa gula ya.

2. Meminimalisasi Anda dari risiko kanker ovarium. Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia beberapa tahun lalu dengan melibatkan lebih dari 60.000 wanita, membuktikan bahwa mereka yang minum minimal dua cangkir teh atau lebih akan meminimalisasi risiko kanker ovarium hingga 46 persen.

3. Meningkatkan kekuatan tulang. Kandungan vitamin D di dalam teh bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang. Selain itu asam amino dalam teh yang merupakan komponen pembentuk protein yang bisa membantu ‘membangun’ otot, kulit, dan juga rambut.

4. Mencegah katarak. Zat antioksidan yang tinggi dalam teh dipercaya bisa membantu Anda mencegah penyakit katarak atau kebutaan yang risikonya meningkat seiring pertambahan usia.

5. Merendahkan risiko stroke. Minum minimal tiga gelas teh hijau atau teh hitam per hari akan mengurangi risiko Anda mengalami stroke hingga 21 persen. So, jika selama ini kebiasaan ini belum Anda lakukan, mengapa tak coba sekarang nih, Mams?

6. Mencegah gigi berlubang dan bau mulut. Teh mengandung floride yang dikenal bisa mencegah lubang pada gigi Anda. Kandungan cathechin atau antioksidan yang tinggi di dalam teh juga dapat membunuh bakteri di dalam mulut sehingga bisa mencegah timbulnya bau tak sedap dari mulut.

7. Menyingkirkan lemak. Sejak lama teh hijau memang identik sebagai minuman ‘pelangsing’. Antioksidan bernama cathechin dalam teh hijau memang sangat tinggi dan sedikit lebih rendah dalam teh hitam. Cathechin ini berperan sebagai ‘peluruh lemak’ khususnya di bagian perut. Layak dicoba, kan, Mams? (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares