Finance

Tip Agar Pinjaman Anda Disetujui oleh Bank

By  | 

Berencana untuk memulai bisnis atau membuka usaha lain selain usaha Anda sekarang di tahun 2016 ini, Mams? Jika memang dana yang Anda miliki belum cukup, tak ada salahnya Anda melakukan peminjaman ke bank. Tapi, seperti yang kita ketahui, meminjam uang di bank memerlukan proses yang cukup panjang dan tak semudah yang dikira lho, Mamas. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan terapkan agar bank bisa memberikan pinjaman untuk Anda. Ikuti tip Smart Mama berikut ini, yuk.

1. Mengetahui secara pasti pinjaman yang Anda inginkan. Sebelum memutuskan salah satu bank yang akan Anda ‘dekati’, cari tahu paket pinjaman lain yang ditawarkan beberapa bank lain sebagai bahan perbandingan. Anda juga perlu mengetahui secara pasti jenis pinjaman apa yang diinginkan, jangka waktu peminjaman, dan berapa besarnya bunga yang harus Anda tanggung dari jumlah uang yang dipinjam. Carilah yang terbaik dan yang paling sesuai kebutuhan dan dana yang Anda punya ya.

2. Banyak bertanya. Ketika sudah menemukan jenis paket pinjaman yang sesuai minat Anda, segeralah hubungi bank yang bersangkutan untuk mendapat penjelasan lebih lanjut. Bila memungkinkan, Anda dapat mengontak Customer Service (CS) bank tersebut via telepon. Namun, jika Anda memiliki banyak waktu, sebaiknya datangi langsung pihak CS dari bank pilihan Anda sehingga Anda bisa bertanya lebih jauh mengenai segala hal yang bersangkutan dengan peminjaman tersebut. Jika menurut Anda penjelasan pihak bank belum sesuai harapan, jangan ragu untuk bertanya terus-menerus hingga Anda puas dan tak ada hal lain yang mengganjal.

3. Mengetahui riwayat utang atau kredit Anda. Bila Anda ingin meminjam uang dari bank yang tentu jumlahnya cukup besar, sebaiknya lunasi dulu utang piutang Anda sebelum-sebelumnya. Bila memang tidak memungkinkan melunasi semuanya, minta bank mencetak laporan keuangan Anda lalu cek ulang dengan seksama untuk menghindari kekeliruan yang mungkin dilakukan pihak bank. Hal ini penting untuk mencegah penolakan dari pihak bank karena Anda dinilai tidak mampu membayar utang dengan baik.

4. Berperilaku dan berpakaian layaknya profesional. Banyak orang lupa akan hal satu ini. Biar bagaimana pun, orang lain masih melihat penampilan luar seseorang. Jadi, jangan lupa berpakaian pantas dan rapi layaknya seorang profesional saat akan melakukan wawancara dengan bank. Selain itu, jaga setiap ucapan yang keluar dari mulut Anda agar tidak terkesan negatif atau bahkan tampak sombong. Tunjukkan juga sikap percaya diri agar pihak bank percaya bahwa Anda mampu menjadi peminjam yang bertanggung jawab. Intinya, Anda berada dalam pihak yang membutuhkan, jadi sebaiknya berhati-hatilah dalam bersikap agar proses peminjaman berjalan lancar.

5. Terus berusaha hingga Anda mendapat pinjaman. Selalu ada yang pertama untuk segala sesuatu dan kadang memulai yang pertama itu memang sulit. Jadi, wajar jika peminjaman pertama Anda ditolak oleh bank, Mamas. Namun, jangan putus asa dan terus mencari bank lain yang mungkin bisa membantu Anda memberikan pinjaman. Selama Anda pantang menyerah, pasti ada solusinya kok, Mams! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares