Health

Rumput Laut : Superfood Baru untuk Anda

By  | 

Para penggemar sajian makanan Jepang, sushi, tentu sudah tak asing dengan rasa rumput laut bukan? Dan ternyata rumput laut merupakan salah satu superfood yang diperkirakan akan tren di tahun 2016 ini lho, Mamas. Mengapa sayuran ini bisa masuk kategori superfood dan apa saja alasannya mengapa Anda harus lebih banyak mengonsumsi rumput laut? Simak penjelasan Smart Mama berikut yuk!

1. Baik untuk kesehatan pencernaan. Rumput laut memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan Anda. Tanaman satu ini juga mudah dicerna sehingga dapat membuat Anda kenyang dalam waktu lebih lama. Sangat cocok untuk Anda yang berencana berdiet di tahun 2016 ini lho.

2. Kaya nutrisi, rendah kalori.
Ada beberapa jenis rumput laut yang bisa Anda konsumsi sebagai sajian sarapan seperti nori, arame, atau wakame. Makanan inilah yang membuat para wanita Jepang relatif langsing. Pasalnya makanan ini merupakan sumber kalsium, yodium, folat, dan magnesium serta memiliki kandungan kalori cukup rendah.

3. Meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 25 tahun terhadap masyarakat Okinawan di Jepang menunjukkan bahwa mereka memiliki kadar kolesterol rendah dan juga level homocysteine (zat yang bisa menimbulkan masalah pada jantung) yang rendah. Ini karena populasi ini rutin mengonsumsi 10 porsi buah dan sayur termasuk rumput laut setiap hari.

4. Memaksimalkan proses detoksifikasi. Kandungan klorifil yang tinggi di dalam rumput laut hijau bisa membantu memaksimalkan proses detoks atau pembuangan racun dari seluruh tubuh. Anda yang tengah berusaha berdetoks namun masih belum maksimal., mungkin Anda bisa coba nih, Mams.

5. Memiliki antioksidan. Rumput laut mengandung lignans tinggi yaitu zat antioksidan yang bisa membantu melawan sel kanker. Hal ini diperkuat dengan penelitian dari Dr. Jane Teas dari Harvard University yang mengatakan bahwa konsumsi kelp atau rumput laut cokelat mampu menurunkan level kanker payudara di Jepang.

6. Mempercepat proses penyembuhan suatu penyakit.
Di Irlandia dan Karibia, minuman dan sup yang berbasis rumput laut dikenal sebagai makanan yang baik dikonsumsi bagi orang yang dalam masa penyembuhan. Greg Lampert, director of the herbal course at the College of Integrated Chinese Medicine mengatakan, Kelp bisa mengurangi lender dan juga membantu mengurangi pembengkakan pada sakit-sakit tertentu.

7. Meningkatkan sistem imun. Rumput laut merupakan sumber seng dan antioksidan yang bisa menguatkan sistem imum dan mengurangi risiko Anda terserang sebuah penyakit atau infeksi. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares