Health

10 Buah yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

By  | 

Diabetes merupakan penyakit yang kini cukup banyak dijumpai di masyarakat, baik yang tipe 1 maupun tipe 2. Orang dengan penyakit ini kadang merasa khawatir mengonsumsi makanan tertentu karena mengandung indeks glikemi tinggi yang tak baik untuknya. Walau demikian, bukan berarti Anda jadi tidak boleh sama sekali mengonsumsi gula kok. Biar bagaimana pun glukosa atau gula merupakan zat yang tetap dibutuhkan oleh tubuh sebagai pemberi energi untuk kita beraktivitas.

Lalu, sebaiknya gula seperti apa yang baik untuk para diabetisi? Ternyata, semakin alami gula itu berasal, maka semakin baik pula untuk Anda, seperti yang ada di dalam buah. Dan kadar gula lebih rendah ada di dalam buah segar daripada buah kering. Apalagi selain mengandung gula alami, buah-buahan juga dibutuhkan tubuh karena mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan juga serat. Namun lagi-lagi, tak semua buah dianjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berikut Smart Mama akan memberitahu 10 jenis buah yang baik untuk diabetesi.

1. Lemon dan jeruk nipis. Di dua jenis buah ini memang tidak ada rasa manis sama sekali. Namun buah ini kaya akan vitamin C yang tinggi, juga mengandung vitamin A, B, magnesium, sodium, dan serat larut. Serat larut atau soluble ini yang bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

2. Jambu biji. Buah satu ini memang cukup populer di Indonesia dan juga kaya vitamin C, serat, dan memiliki kadar glukosa rendah.

3. Kiwi. Buah berkulit cokelat dan berwarna hijau ini juga sumber vitamin C dan serat. Yuk ganti camilan tidak sehat Anda seperti biskuit bercokelat dengan buah berasa lezat ini. Anda bisa memakan langsung atau jadikan jus tanpa susu dan gula.

4. Jeruk. Apapun jenisnya baik Mandarin, Shantang, atau Pontianak, jeruk merupakan buah yang lazim ada di meja makan Anda, bukan? Tak hanya memiliki kandungan lemak yang rendah juga rendah indeks glikemi, jeruk juga kaya vitamin C yang memang diperlukan tubuh setiap hari.

5. Apel. Rasa manis yang pas dari buah berwarna merah, hijau, atau campuran oranye dan hijau ini memang enak di lidah. Kulit apel mengandung antioksidan, jadi makan langsung buah satu ini tanpa dikupas ya. Apel juga kaya akan serat yang membuat Anda cukup kenyang.

6. Pisang. Merupakan sumber energi yang baik karena memiliki cukup kalori. Pisang juga memiliki kandungan potasium, vitamin, dan juga kaya karbohidrat. Meski begitu, buah berkulit kuning atau hijau ini juga bisa mengontrol kadar gula Anda lho.

7. Anggur. Khususnya yang berkulit merah memiliki kandungan serat, mineral, vitamin, juga gula alami. Tapi ingat ya, Mams karena rasa buah ini cukup manis, ada baiknya Anda tak ‘kalap’ dan jadi tak membatasi asupannya.

8. Semangka. Kadar gula yang ada dalam buah berwarna merah atau kuning ini tidak setinggi yang Anda kira, lho. Walaupun kebanyakan semangka memang berasa manis, semangka memiliki kandungan air, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan. Daripada Anda makan kudapan manis seperti tart karamel, lebih baik ganti dengan sepiring semangka ya.

9. Mangga. Karbohidrat dalam buah mangga memang cukup tinggi, jadi banyak orang yang ‘takut’ mengonsumsinya. Padahal mangga juga bisa memberikan energi yang Anda sekaligus sumber vitamin dan mineral.

10. Delima. Merupakan buah dengan kandungan zat besi yang sangat tinggi. Jus buah delima juga sangat baik untuk membantu level gula darah Anda tetap terkontrol. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares