Health

Makanan Alternatif Pengganti Susu untuk Si Kecil

By  | 

Kalsium adalah mineral yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu sumber kalsium adalah susu. Namun bagaimana jika Si Kecil tidak menyukai susu?  Si Kecil yang tidak menyukai susu atau memiliki kondisi intoleransi laktosa, yaitu tidak mampu menyerap atau mencerna laktosa, tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa memberikan makanan pengganti yang juga kaya kalsium, Mamas.

1. Sarden. Bisa didapatkan dalam bentuk ikan segar atau dipanggang. Tiga ons ikan ini mengandung kecukupan kalsium sebanyak 325 mg. Jangan sisihkan tulangnya karena tulang lunak ikan ini juga mengandung kalsium.

2. Salmon. Mengonsumsi ikan salmon sangat baik karena dapat memberikan asupan sekitar 181 mg kalsium. Tidak hanya mengandung kalsium, ikan ini juga mengandung vitamin D.

3. Brokoli. Sayuran juga mengandung kalsium. Salah satunya brokoli. Sebanyak 50 gr sayuran ini dapat memberikan setidaknya 30 mg kalsium. Berikan sayuran ini sebagai pelengkap makan siang Si Kecil, Mams.

4. Bayam. Bayam juga ternyata sumber kalsium, yaitu 150 mg kalsium untuk 100 gr bayam. Anda bisa merebusnya tanpa tambahan bumbu apa pun, rasanya tetap enak dan pastinya sehat.

5. Tahu. Sebagai makanan yang lebih dikenal mengandung protein nabati, ternyata juga mengandung kalsium cukup tinggi. Untuk 100 gr tahu mengandung 500 mg kalsium.

6. Almond. Kacang almond yang sering terdapat di dalam cokelat batangab ini ternyata juga mengandung kalsium. Anda juga bisa memberikan almond sebagai camilan Si Kecil. Dengan mengonsumsi 15 gr kacang almond terdapat  35 mg kalsium.

7. Susu kedelai. Bagi Si Kecil yang tidak bisa minum susu sapi, bisa mengonsumsi susu kedelai sebagai pengganti untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Setiap 1 cangkir (243 gr) susu kedelai, mengandung 61 mg kalsium.

8. Kacang merah. Tidak hanya kacang almond, kacang merah juga memiliki kandungan kalsium. Satu cangkir kacang merah mengandung 78 mg kalsium. Anda bisa buatkan Si Kecil sup kacang merah yang pasti disukainya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares