Education

Yuk, Ajari Si Kecil Sains Sejak Dini!

By  | 

Sudahkah Anda mengajarkan balita Anda tentang sains? Bila belum, mengapa tak dicoba sejak sekarang? Karena ternyata mengajari anak sains banyak keuntungannya, lho, Mamas. Mulai dari belajar observasi, prediksi, hingga belajar interaksi kala ia dan teman-teman sebaya melakukan eksperimen bersama. Banyak mamas yang bingung bagaimana cara mengajari Si Kecil tentang sains padahal ia sendiri merasa kurang memahami ilmu tersebut. Namun ternyata tak perlu ilmuwan yang mengajarkan anak tentang sains, Anda juga bisa kok Mams, yuk lakukan hal berikut.

  • Ajak ia kembali ke alam. Ilmu sains banyak didapatkan dari alam semesta, maka dari itu ajak Si Kecil melakukan observasi kecil di halaman rumah Anda. Biarkan ia mengamati tanaman, binatang, atau serangga yang kerap bertengger di halaman. Minta ia menggunakan kaca pembesar agar observasi lebih jelas dan serius. Kemudian ajak Si Kecil mengumpulkan daun dan bunga kering yang kemudian ditempelkan di atas kertas. Bila perlu sesekali ajak ia bercocok tanam juga ya, Mamas.
  • Belajar tentang cuaca. Cuaca juga bagian dari ilmu sains. Jelaskan padanya secara detail namun tetap fun saat perubahan musim. Apalagi jika Anda mengajaknya berlibur ke area yang beriklim berbeda dengan di sini, hal tersebut akan memperkaya ilmu sains Si Kecil. Kemudian ajak Si Kecil memilih pakaian dan aksesori juga sepatu sesuai dengan cuaca yang sedang berlangsung.
  • Cooking time! Siapa bilang memasak tak ada hubungannya dengan sains? Justru menakar dan mencampur bahan makanan menjadi cikal bakal dari ilmu kimia yang juga salah satu bagian dari sains. Ajak Si Kecil ikut menimbang dan mengukur bahan makanan, sekaligus mengajari ia berhitung juga lho Mams. Lalu biarkan ia ikut mencampur dan mengaduk bahan makanan.
  • Bermain. Tanpa disadari setiap hari Si Kecil sebetulnya sudah belajar sains khususnya ilmu fisika saat ia jungkir balik atau berlarian. Juga kala ia bereksperimen dengan mainannya, misalnya meletakkan mainan ke bak mandi, Si Kecil akan belajar mana benda yang dapat mengapung atau tenggelam. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares