Mind

Naya Rivera: Meski Sulit, Manfaat Menyusui Sangat Menakjubkan

By  | 

Aktris pemeran drama seri televisi Glee, Naya Rivera, mengatakan bahwa hidupnya kini tak lagi sama semenjak hamil, dan kemudian menjadi mama bagi Josey Hollis Dorsey, 3 bulan. “Melihat Josey untuk pertama kalinya adalah hal sangat menakjubkan,” ujar wanita kelahiran 12 Januari 1987 ini.
 

naya-rivera-1-600x800

Baginya, melihat perjalanan hidupnya dari sebelum menikah, hamil, dan kemudian memilki anak, seperti mimpi yang tak disangka dapat terpenuhi. “Dan kini, dalam waktu sekejap Josey sudah berada dalam gendongan saya. Anak laki-laki saya yang akan selalu saya cintai, saya peluk, dan tentunya juga harus disusui!” kata istri dari aktor Ryan Dorsey ini.

Selama kehamilan, Naya juga mengaku kalau dirinya mendapatkan banyak saran tentang persalinan, perawatan newborn, serta nutrisi yang harus dipenuhi. Namun, tak ada satupun yang memberinya informasi bagaimana rasanya menyusui. “Intinya, menyusui adalah hal sulit! Menit pertama saat menyusui, tak ada yang keluar dari payudara saya, hingga seorang perawat membantu mengeluarkan kolostrum dari puting saya dan mengarahkannya pada mulut Josey. Perawat juga membantu Josey dan saya untuk bisa melakukan pelekatan yang sempurna, mengajarkan agar payudara saya tak membengkak dan posisi-posisi menyusui lainnya yang hingga kini jadi prioritas di hidup saya,” cerita Naya tentang pengalaman pertamanya saat menyusui Josey. Kamar tidur Naya dan Ryan pun kini juga dipenuhi dengan pernak-pernik menyusui seperti breast pads, shields, pumps, dan krim payudara.

naya-rivera-3-600x800

“Awalnya saya merasa kalau saya hanya sebagai sumber makanan bagi Josey, namun ternyata lebih dari itu. Seringkali saya harus menghampiri dan menenangkannya saat menangis, dan kemudian mengganti pakaiannya,” urainya tentang pengalaman pertamanya merawat Josey.

Baginya, walau tak mudah, namun menyusui merupakan hal menakjubkan. Selain dapat mempererat bonding antara mama dan bayinya, menyusui juga merupakan sesuatu yang spesial, yang tak mungkin bisa diberikan oleh orang lain selain Sang Mama. Ia juga merasakan banyaknya manfaat yang ia dapat dari menyusui bagi dirinya.

“Saya merasa bangga pada diri saya sendiri. Sampai saat ini saya masih sanggup  terbangun setiap malam untuk menyusui Josey, dan Ryan juga selalu menemani saya. Hal itulah yang kemudian makin mempererat bonding kami bertiga. Saya rasa seperti itulah sisa hidup kami nanti sebagai orangtua, harus bisa mengambil kebaikan dari semua keburukan, dan menghadapi segala tantangan. Dan pada akhirnya, saat Josey tersenyum pada kami, maka semua kerja keras kami terbayar. Banyak hal telah saya raih dalam hidup saya, namun tak ada yang mengalahkan keberhasilan saya menjadi ibu bagi Josey. Josey adalah prestasi terhebat saya,” tutup aktris yang juga bermain di serial televisi Devious Maid(Tammy Febriani/LD/Photo: Various)

Shares