Health

5 Tanda Anda Butuh Lebih Banyak Minum

By  | 

Anda mungkin bisa menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam saat berpuasa, dan ketika berbuka pasti yang pertama Anda lakukan adalah minum segelas air atau teh manis daripada langsung mengonsumsi makanan tertentu. Ini menunjukkan bahwa manusia pada prinsipnya lebih bisa menahan lapar daripada haus. Ini karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air dan air juga berperan sangat penting bagi tubuh dan fungsi otak kita. Bila kita kekurangan cairan, maka Anda akan mengalami dehidrasi yang berefek negatif bagi tubuh.

Menurut Dana S. Simpler, MD, dokter spesial penyakit dalam di Baltimore, Amerika Serikat, kebanyakan orang tak menyadari dirinya dehidrasi. Padahal, tubuh perlu cairan cukup untuk menjaga semua organ tubuh agar berfungsi dengan semestinya. “Dehidrasi berkaitan erat dengan beberapa penyakit seperti demam, diare, dan muntah. Ini terjadi bila cairan yang dikeluarkan karena penyakit-penyakit tersebut lalu tak tergantikan maka Anda akan alami dehidrasi,” ujarnya.

Lebih lanjut dr. Dana mengatakan, pada prinsipnya jumlah air atau cairan yang dibutuhkan per hari dari tiap orang tidaklah sama. Ini tergantung dari beberapa hal seperti cuaca, aktivitas sehari-hari, dan kebiasaan Anda berolahraga. Lalu bagaimana cirinya bila Anda kekurangan minum dan wajib menambah kebutuhan cairan Anda?

1.Anda kehausan
. Ciri yang jelas kentara bahwa Anda kurang minum adalah mulut dan tenggorokan Anda kering dan Anda merasa kehausan.

2.Urine Anda berwarna kuning gelap. Orang yang kebutuhan cairannya tercukupi akan memiliki urine yang berwarna kuning pucat atau cenderung bening. Sementara Anda yang kurang minum akan memiliki urine berwarna cenderung kuning tua atau gelap. Bila Anda merasa urine Anda lebih gelap daripada biasanya, Anda disarankan untuk minum minimal 6 gelas air dalam waktu satu jam.

3. Anda tampak kelelahan. Jika Anda merasa tiba-tiba sangat lelah namun Anda sedang tak merasa sakit, bisa jadi ini karena Anda tengah kurang minum atau dehidrasi. Darah dan cairan tubuh manusia kebanyakan berasal dari air, jadi saat Anda dehidrasi berat maka jantung Anda akan bekerja atau memompa lebih keras untuk membawa darah ke seluruh bagian tubuh. Hal inilah yang membuat Anda lemas dan kelelahan.

4. Anda tak bisa berkonsentrasi. Tanpa Anda sadari, saat dehidrasi atau kurang cairan ternyata bisa membuat Anda kurang fokus. Bahkan berdasarkan penelitian terbaru dari University of Connecticut’s Performance Laboratory, dehidrasi tahap rendah pun bisa menurunkan mood dan energi Anda lho, Mamas.

5.Anda mengalami konstipasi
. Semakin terhidrasi diri Anda, maka semakin baik pula sistem pencernaan Anda. Pasalnya bila Anda kurang minum atau cairan, maka feses Anda akan mengeras sehingga akan memengaruhi proses buang air besar Anda. Untuk mencegah konstipasi atau sembelit ini, maka  Anda harus banyak makan serat yang bisa didapatkan dari sayur dan buah. (Lenny Delima/Photo:Various)

 

Shares