Mind

Keunggulan Wanita Dibandingkan Pria yang Patut Anda Ketahui

By  | 

Apakah benar, kaum pria lebih hebat daripada wanita? Pertanyaan ini seperti ini sering dipertanyakan para perempuan di dunia, bahkan termasuk Anda bukan, Mams? Ternyata, penelitian ilmiah justru memberikan fakta mengejutkan kalau perempuan justru lebih hebat. Berikut ini fakta-fakta yang menunjukkan kelebihan wanita dibandingkan pria.

  1. Multitalenta. Tim peneliti asal Inggris, menemukan fakta ilmiah pada dua penelitian yang membuktikan bahwa perempuan lebih multi talenta dibandingkan laki-laki. Pada eksperimen pertama, mereka bertanya pada laki-laki dan perempuan untuk memperagakan pekerjaan berbeda di komputer. Contohnya, menghitung dan menebak bentuk. Peneliti menemukan kalau laki-laki lebih lambat mencari dan berhitung dibanding perempuan. Sedangkan eksperimen kedua, mereka diminta mencari restoran di peta dan mencari kunci yang hilang di lapangan bersamaan dengan berhitung matematika sederhana dan berbicara lewat telepon genggam. Perempuan bisa menyelesaikan seluruh pekerjaan selama delapan menit dan sempurna dengan metode dan manajerial lebih baik dibanding laki-laki.
  2. Tingkat imunitas lebih tinggi. Perempuan diketahui memiliki tingkat imunitas lebih kuat dibandingkan laki-laki. Berdasarkan penelitian dari Universitas Ghent, kromosom X tambahan pada perempuan berarti kita punya lebih banyak microRNA. MicroRNA berfungsi sebagai penguat sistem imun dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian juga menemukan bahwa hormon estrogen diperkaya enzim bernama Caspase-12 yang bisa membantu imunitas. Kemudian Profesor Katsuiku Hirokawa dari Jepang, menemukan bahwa sistem imun perempuan mengalami penuaan lebih lama dari laki-laki. Hal ini yang menyebabkan perempuan lebih berumur panjang dibanding laki-laki. Penelitian itu juga menemukan kalau hormone testoteron yang banyak pada laki-laki bisa mengurangi respons imun. Dengan demikian, laki-laki gampang terserang penyakit daripada perempuan.
  3. Memiliki kepedulian lebih tinggi. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Psychoneuroendocrinology, perempuan di bawah tekanan stres lebih peduli dengan sekitar. Sedangkan saat stres, laki-laki bersikap lebih egois dan sulit memahami orang lain di sekitarnya. Menurut Giorgia Silani, kepala penelitian tersebut, sikap peduli perempuan disebabkan karena saat stres mereka lebih sering bersosialisasi mencari dukungan dan pertolongan. Sedangkan laki-laki lebih suka mencari solusi atau menyelesaikan masalahnya sendiri. Selain itu faktor hormon juga berperan. Hormon oksitosin pada perempuan terproduksi lebih saat stres, sehingga tubuh secara alami membuat perempuan lebih bersosialisasi dari laki-laki.
  4. Wanita lebih mudah melepaskan stres. Seringkali wanita kerap terlihat lemah karena selalu menceritakan masalah mereka pada para sahabatnya. Dan ternyata ini bukan hal buruk lho, Mamas. Nyatanya menurut penelitian dari Institut Mind Amerika Serikat, ditemukan bahwa hanya 29% pria yang mengungkapkan masalahnya dibandingkan wanita yang mencapai angka 53%. Dan ternyata hal ini juga berkaitan erat dengan tingkat percobaan bunuh diri. Pada pria tingkat percobaan bunuh diri ini bisa mencapai angka lima persen, sedangkan wanita hanya dua persen saja.
  5. Lebih bisa mengenali warna. Menurut ilmuwan terkenal bernama Israel Abramov, perempuan bisa melihat perbedaan warna jauh lebih baik daripada laki-laki. Dalam penelitian yang dilakukan hingga setengah abad, Israel menemukan kalau laki-laki lebih baik melihat objek walau bergerak jauh dari padangan, perempuan lebih baik saat mengidentifikasi perbedaan tonasi warna walau hanya beberapa persen. Bahkan, ada beberapa perempuan di dunia yang punya kemampuan tetrachromats. Perempuan bisa mengenal 100 juta jenis warna berbeda. Karena tipe pengerucutan pada retina mereka terbagi menjadi tiga. Hal ini yang membantu otak mengkombinasikan lebih banyak warna.
  6. Wanita lebih pandai mengatur keuangan. Walau kadang wanita cenderung boros, tetapi dibalik hal itu, menurut sebuah artikel dari New York Times pada 2010, mengungkapkan bahwa wanita lebih pandai menghasilkan uang di pasar saham dibandingkan pria. Sementara itu, Wall Street menjelaskan kalau umumnya wanita lebih fokus dengan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan dan tabungan masa depan. Dibandingkan pria yang cenderung terburu-buru, wanita lebih sering mempertimbangkan masalah finansial secara matang.
  7. Lebih mudah mendeteksi pria selingkuh. Hasil penelitian membuktikan perempuan bisa mendeteksi saat pasangannya selingkuh hanya dari melihat wajahnya. Selain itu, peneliti asal Universitas Australia juga melakukan penelitian kepada 34 perempuan untuk melihat beberapa foto berbeda dan mengidentifikasi laki-laki mana yang tidak setia. Hasil penelitiannya mengejutkan, 62 persen menebak dengan sempurna dan sisanya mendekati sempurna. Dan nol persen korespondensi yang gagal menebak laki-laki tidak setia lewat foto.
  8. Wanita lebih baik dalam berkomunikasi. Dalam buku The Female Brain yang ditulis seorang neuropsychiatrist bernama Louann Brizendine, dikatakan bahwa wanita mengucapkan 20.000 kata setiap harinya dibandingkan dengan pria yang hanya mengunakan 7.000 kata. Itulah alasan utama kenapa wanita lebih pandai membuat percakapan menarik dengan orang yang baru dikenal. Kemampuan berkomunikasi ini membuat wanita jauh lebih efektif dalam mengumpulkan informasi dan menyampaikannya kepada orang lain. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares