Career

Mencegah Nyeri Pinggang Calon Mama Saat Bekerja

By  | 

Perubahan fisik dan emosional calon mama seringkali membuatnya mengalami keluhan-keluhan kehamilan yang cukup mengganggu, terutama saat sedang bekerja. Salah satu keluhan yang kerap dialami mamas to be ini adalah nyeri pada pinggang atau punggung. Nyeri ini biasanya Anda alami seiring membesarnya janin dalam rahim. Dan posisi tubuh tertentu sangat memengaruhi kondisi ini jadi semakin buruk, misalnya saja posisi duduk di kursi dengan punggung condong ke depan saat bekerja di depan komputer.

Dikutip dari situs Babycenter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit punggung dan pinggang saat hamil, seperti:

  1. Lakukan senam hamil untuk memperkuat dan meregangkan otot-otot punggung, perut, dan kaki ya, Mamas to be.
  2. Biasakanlah duduk dengan posisi punggung tegak dan bahu tidak condong ke depan supaya beban pada tulang belakang lebih merata. Selain baik untuk tulang belakang, duduk dengan posisi tegak juga baik untuk sirkulasi darah dan pernapasan lho.
  3. Biasakan berdiri atau berjalan-jalan sejenak setiap satu jam sekali apabila pekerjaan Anda menuntut untuk duduk dalam waktu lama. Bantal kecil juga bisa Anda gunakan untuk menyangga punggung bagian bawah
  4. Saat akan mengambil barang yang berada di bawah, usahakan agar Anda tidak membungkuk dan jaga agar punggung tetap lurus saat menekuk kaki untuk menjaga agar tekanan pada punggung tidak besar. Selamat mencoba! (Tammy Febriani/LD/photo: Istockphoto.com)

Shares