Health

Posisi Tidur yang Aman dan Nyaman Saat Hamil

By  | 

Memasuki trimester dua, biasanya perut mamas to be sudah mulai membuncit seiring dengan bertumbuhnya janin di dalam kandungan. Nah kalau sudah begini banyak calon mama yang kesulitan tidur akibat perubahan bentuk tubuh serta merasa khawatir Sang Bayi akan tertindih atau merasa sakit. Agar Anda dapat tidur nyenyak dan berkualitas, yuk pelajari posisi tidur yang nyaman serta aman berikut.

  • Posisi telentang. Posisi ini cukup aman bagi wanita hamil di atas usia 16 minggu, Anda juga tidak akan merasa khawatir posisi janin akan terhimpit atau Si Bayi merasa tidak nyaman. Namun beberapa mamas to be mengeluh sakit pinggang jika tidur dengan posisi telentang. Beberapa pakar juga menemukan jika Anda terlalu lama tidur telentang akan memicu timbulnya wasir. Oleh karena itu, posisi tidur satu ini dapat Anda kombinasikan dengan posisi lain.
  • Posisi miring ke kiri. Konon posisi ini adalah yang paling dianjurkan saat kehamilan Anda telah memasuki usia 16 minggu. Pasalnya posisi ini dapat memaksimalkan jalan masuk nutrisi serta aliran darah ke dalam janin. Posisi ini juga dapat membantu ginjal membuang sisa cairan dengan lebih maksimal sehingga mengurangi risiko pembengkakan kaki yang lazim terjadi pada ibu hamil.
  • Posisi miring ke kanan. Anda tentu pegal jika terus-terusan tidur dengan posisi miring ke kiri, meskipun posisi tersebut banyak memiliki manfaat bagi kehamilan. Jika Anda sudah pegal, baringkan saja tubuh Anda ke arah kanan. Agar lebih nyaman, sebaiknya gunakan bantal sebagai penyangga perut Anda yang mulai membuncit. Anda juga dapat meletakkan bantal lembut di area punggung dan menikmati tidur yang lebih berkualitas meski tengah berbadan dua. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares