Health

4 Manfaat Telur untuk Calon Mama

By  | 

Seperti yang semua calon mama ketahui, saat mengandung Anda perlu makanan yang dikenal sebagai superfood. Salah satunya adalah telur nih, Mamas to be. Ini karena telur memiliki kandungan gizi penting seperti protein, lemak, serta mineral. Tak hanya itu, makanan yang dapat dengan mudah Anda temukan di supermarket tersebut pun kaya akan selenium, seng, vitamin A,D, dan B kompleks.

Namun, Anda harus berhati-hati memilih telur yang dijual di pasaran ya. Untuk lebih menjamin baik atau tidaknya telur, sebaiknya Anda jangan membeli telur curah yang bisa dibeli per kilogram. Pilih telur dalam kemasan plastik atau karton yang mencantumkan tanggal kedaluarsanya ya. Simpan telur dalam kulkas (bisa tahan sekitar 3-5 minggu) dan jangan pernah mengonsumsi telur mentah atau setengah matang untuk mencegah risiko terjadinya infeksi bakteri salmonella yang bisa menular Si Janin. Satu hal lagi, telur yang sempurna tidak memiliki bau busuk serta bagian putih dan kuningnya betul-betul bersih tanpa ada kotoran atau berair. Jika semua syarat ini sudah ada dalam telur, barulah Anda bisa mengolahnya sesuai selera. Baik itu direbus, digoreng, atau dijadikan campuran salad. Oh ya, telur yang sudah direbus sebaiknya dimakan dalam waktu maksimal dua jam saja. Dan sebaiknya dalam satu hari Anda hanya makan telur sebanyak dua butir saja ya karena kuning telur memiliki kandungan kolesterol tinggi yang bila berlebihan tentu tak baik bagi kesehatan kita. Untuk para mama yang kadar kolesterolnya di atas normal, Anda tetap disarankan makan telur tapi hindari bagian kuningnya ya.

Lalu apa saja manfaat maksimal dari telur yang menguntungkan untuk wanita hamil? Cek daftar berikut ini.
1. Kandungan protein yang tinggi di dalam telur baik untuk mendukung pertumbuhan setiap sel di dalam tubuh janin. Jadi konsumsi telur dengan jumlah yang cukup sangat tepat untuk para calon mama.
2. Telur dilengkapi juga dengan kolin dan asam lemak omega 3 yang akan mendukung perkembangan otak janin. Hal ini juga bisa mencegah kecacatan tabung otak Si Janin.
3. Wanita hamil sebaiknya mengonsumsi 200-300 kalori tambahan per hari. Nah, sebutir telur mengandung sekitaf 70 kalori yang baik untuk mendukung kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan.
4. Vitamin D di dalam telur bermanfaat untuk meminimalisasi risiko preeklamsia dan diabetes gestasional yang bisa dipicu bila tubuh kekurangan vitamin tersebut. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares