Health

Jika Anda Ngidam Makanan yang Dilarang

By  | 

Terkadang rasa ngidam pada wanita hamil sulit dibendung dan cenderung unik. Contohnya saya, saat hamil anak kedua beberapa tahun lalu, saya yang anti makan buah pepaya mendadak jadi menyukai buah tersebut. Sementara itu, seorang teman tiba-tiba ingin sekali makan durian saat tengah hamil muda. Padahal tentu saja hal tersebut sangat tidak dianjurkan mengingat buah durian bergas dan beralkohol yang dapat memicu kontraksi. Namun bagaimana jika Anda betul-betul ngidam makanan yang sebetulnya tidak dianjurkan? Yuk simak!

  • Ganti dengan makanan lebih sehat. Makanan pengganti dapat dijadikan alternatif kala Anda ngidam makanan yang kurang sehat. Misalnya jika Anda ngidam junk food seperti ayam goreng siap saji, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan minyak yang lebih sehat tanpa MSG. Saat Anda sangat menginginkan kopi, Anda dapat menggantinya dengan cokelat hangat yang kadar kafeinnya lebih rendah.
  • Konsumsi dalam jumlah sedikit. Jika keinginan Anda sudah tak tertahankan dan kehamilan Anda dinyatakan sehat, serta telah melewati¬†trimester pertama, tak ada salahnya Anda mencicipi makanan yang diidamkan namun dengan porsi sangat sedikit ya Mams. Jangan sampai membahayakan kehamilan Anda. Misalnya jika Anda ingin minum soft drink, cicipi saja beberapa teguk atau tunggu hingga sodanya lebih sedikit sehingga gas yang dihasilkan tidak terlalu banyak.
  • Alihkan perhatian ke makanan yang lebih sehat. Wanita hamil memang mudah tergoda dengan makanan apapun. Alihkan perhatian Anda dengan browsing makanan yang lebih sehat atau menonton acara memasak makanan sehat di YouTube. Anda pasti tergoda dengan makanan tersebut dan melupakan ngidam Anda akan makanan yang kurang sehat. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares